Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Adaptive Cornering Headlight di BMW F900R

Kompas.com - 19/07/2020, 12:16 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad dikenal sebagai salah satu merek yang pionir dalam hal fitur kendaraan roda dua. Salah satunya seperti yang tersemat pada BMW F900R bernama Adaptive Cornering Headlight.

Adaptive Cornering Headlight merupakan fitur canggih yang terdapat di lampu depan. Fitur ini memungkinkan lampu menyorot titik yang lebih jauh saat motor berbelok terutama pada malam hari atau kondisi gelap.

Baca juga: Indonesia Bakal Kedatangan 10 Merek Motor Listrik Baru

BMW F900RFoto: Istimewa BMW F900R

Dengan fitur ini pengendara bakal mendapat sorotan lampu yang lebih jelas ke arah jalan dan tujuannya. Cara kerjanya yaitu saat motor belok kanan, reflektor lampu akan menyinari bagian kanan jalan dan juga sebaliknya.

BMW Motorrad Indonesia menjelaskan, Adaptive Cornering Headlight hanya bisa aktif jika memenuhi tiga syarat. Pertama sudut kemiringan motor harus lebih dari 10 derajat. Kedua batas kecepatan minimum 10 kpj, dan ketiga harus kondisi gelap.

Beberapa fitur unggulan F900R lain yaitu mengusung empat riding modes, yaitu Rain, Road, Dynamic dan Dynamic Pro. Pengereman sudah pakai anti-lock braking system (ABS) serta Automatic Stability Control (ASC) sebagai standar.

Baca juga: Menelisik Fitur Motor Trail Yamaha WR 155R

BMW F900RFoto: Istimewa BMW F900R

Selain itu juga terdapat Dynamic Electronic Suspension Adjustment (Dynamic ESA). Sistem kerjanya mengatur suspensi belakang agar beradaptasi secara otomatis sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Fitur keamanan lainnya adalah DTC (Dynamic Traction Control) untuk mengontrol traksi dan Kontrol Rem Dinamis (DBC) yang memberikan keamanan saat pengereman secara mendadak. DBC akan mencegah roda belakang tergelincir dan mengontrol pengereman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com