Bedah Fitur TSS All New Avanza yang Masih Tanggung

Kompas.com - 29/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain yang segar serta kenyamanan baru, All New Avanza juga dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) sebagai perangkat keamanan modern pada varian tertinggi yang redaksi jajal, yakni 1.5 G CVT TSS.

Ada empat fitur pada TSS All New Avanza yang masing-masing memiliki peran atau fungsi berbeda. Pertama Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking guna mengurangi risiko tabrakan depan.

Fitur ini berkerja dengan mengandalkan radar. Ketika sensor membaca adanya potensi benturan, maka sistem akan memberikan daya pengereman, bahkan mengintervensi hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Baca juga: Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota All New Avanza

Kedua Pedal Missoperation Control yang berguna mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas. Fitur ini bekerja dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, juga membatasi distribusi tenaga.

Pre-Collision Warning and Pre-Collision BrakingTAM Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking

Lane departure Warning dan Lane Departure Prevention menjadi fitur ketiga. Fungsinya mencegah mobil berpindah jalur dengan memberikan peringatan berupa alaram suara.

Fitur ini cukup efektif ketika berkendara di jalan tol, redaksi yang sempat menjajal langsung cukup terbantu. Namun  harus diakui bila hal ini membuat Avanza baru lebih "cerewet" karena mudah mengeluarkan alaram.

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

Terakhir adalah Front Departure Alert, yang memberikan peringatan berupa suara ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Baca juga: Melirik Visual All New Avanza yang Lebih Proporsional

Walau membuat status Avanza makin modern, sayangnya TSS pada MPV murah ini tak selengkap Raize yang sudah dijejali adaptive cruise control (ACC).

Padahal, mengingat setatusnya sebagai mobil keluarga yang biasanya lebih banyak digunakan untuk keluar kota, harusnya cruise control turut disematkan sebagai fitur yang membantu pengendara.

Bahkan perangkat tersebut juga tak diterapkan pada All New Veloz yang secara status lebih mewah dari Avanza.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.