Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melirik Visual All New Avanza yang Lebih Proporsional

Kompas.com - 28/01/2022, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan All New Avanza setelah cukup lama tak mendapat rombakan total. Mobil bergenre low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah itu, hadir dengan desain baru yang meninggalkan kesan lawasnya.

Bicara tampilan, sebenarnya sudah banyak yang membahas, namun tetap menarik lantaran sajian perubahan benar-benar menyeluruh. Bahkan bila disejajarkan dengan versi sebelumnya, sangat terlihat frontal bedanya.

Dikembangkan menggunakan platform hasil kolaborasi dengan saudaranya, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), Avanza kini bertransformasi mengusung Full Engine – Front Wheel Drive (FF).

Baca juga: Bedah Eksterior Kia Seltos Diesel, Sporty ala Korea

Tak heran bila dimensinya pun bertambah melar. Sebagai perbandingan, panjang model sebelumnya 4.190 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1695 mm, dan wheelbase 2.655 mm.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Toyota Avanza

Sementara untuk generasi baru hadir dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi mencapai 1.700 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Menariknya, meski sedikit lebih tinggi, namun visualnya tetap terlihat proporsional. Apalagi dengan desain baru yang fresh dan modern dibanding model sebelumnya yang terkesan kaku.

Ekspresi depan menyuguhkan kesan sporty yang diramu dengan tarikan garis tegas pada bagian kap mesin, dan dipadu desain bumper serta model airdam yang lebar sehingga membuatnya tampil lebih kokoh.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Model headlamp LED yang tajam ditambah aksen krom, memberikan kesan lebih dewasa dari versi sebelumnya. Apalagi diselaraskan dengan guratan tegas pada sektor samping yang dibuat memanjang sampai bagian belakan.

Tongkrongan samping terlihat rendah meski berdasarkan data ground clearance All New Avanza diklaim lebih tinggi menjadi 205 mm.

Baca juga: Hyundai Creta Mulai Dikirim ke Diler, Konsumen Sudah Bisa Tes


Walau demikian, bagian depan memang terlihat pendek. Bahkan ketika melewati polisi tidur atau tanjakan dengan sudut kemiringan yang lumayan tinggi, bagian bawah pada bumper seperti terseret.

Untuk memberikan kesan lebih berkelas, disematkan pelek dua warna berukuran 16 inci pada tipe tertinggi yang redaksi coba, yakni G 1.5L CVT TSS.

Menariknya lagi, penempatan spion tak lagi berada pada rangkaian pilar A namun melekat di bagian pintu yang membuat posisinya menjadi sedikit lebih rendah.

Baca juga: Keluhan Rocky dan Raize, Indikator Malfungsi sampai Komponen Kaki-kaki

Masuk ke bagian belakang, kesan elegan lebih terasa dengan New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp yang juga memberikan visual lebih lebar.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Lekukan pada bagian gagang pintu bagasi juga mengambarkan nuansa baru yang sekilas mirip dengan Corolla Cross. Sayangnya, Toyota tak membekali All New Avanza dengan elemen pemanas kaca belakang alias defogger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com