Melirik Visual All New Avanza yang Lebih Proporsional

Kompas.com - 28/01/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan All New Avanza setelah cukup lama tak mendapat rombakan total. Mobil bergenre low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah itu, hadir dengan desain baru yang meninggalkan kesan lawasnya.

Bicara tampilan, sebenarnya sudah banyak yang membahas, namun tetap menarik lantaran sajian perubahan benar-benar menyeluruh. Bahkan bila disejajarkan dengan versi sebelumnya, sangat terlihat frontal bedanya.

Dikembangkan menggunakan platform hasil kolaborasi dengan saudaranya, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), Avanza kini bertransformasi mengusung Full Engine – Front Wheel Drive (FF).

Baca juga: Bedah Eksterior Kia Seltos Diesel, Sporty ala Korea

Tak heran bila dimensinya pun bertambah melar. Sebagai perbandingan, panjang model sebelumnya 4.190 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1695 mm, dan wheelbase 2.655 mm.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Toyota Avanza

Sementara untuk generasi baru hadir dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi mencapai 1.700 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Menariknya, meski sedikit lebih tinggi, namun visualnya tetap terlihat proporsional. Apalagi dengan desain baru yang fresh dan modern dibanding model sebelumnya yang terkesan kaku.

Ekspresi depan menyuguhkan kesan sporty yang diramu dengan tarikan garis tegas pada bagian kap mesin, dan dipadu desain bumper serta model airdam yang lebar sehingga membuatnya tampil lebih kokoh.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Model headlamp LED yang tajam ditambah aksen krom, memberikan kesan lebih dewasa dari versi sebelumnya. Apalagi diselaraskan dengan guratan tegas pada sektor samping yang dibuat memanjang sampai bagian belakan.

Tongkrongan samping terlihat rendah meski berdasarkan data ground clearance All New Avanza diklaim lebih tinggi menjadi 205 mm.

Baca juga: Hyundai Creta Mulai Dikirim ke Diler, Konsumen Sudah Bisa Tes


Walau demikian, bagian depan memang terlihat pendek. Bahkan ketika melewati polisi tidur atau tanjakan dengan sudut kemiringan yang lumayan tinggi, bagian bawah pada bumper seperti terseret.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.