Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menegaskan akan memproduksi mobil listrik Ioniq 5 secara lokal. Banyak harapan yang memperkirakan harganya akan menjadi terjangkau.

Makmur, Chief Operating Officer HMID, mengatakan, keuntungan memproduksi mobil listrik di Indonesia, menurut peraturan pemerintah PP Nomor 74/2021, PPnBM-nya menjadi nol persen.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Positif, Hyundai Ioniq 5 Siap Diproduksi di Indonesia

"Sebelumnya, PPnBM nol persen meskipun impor dari luar. Sekarang, dengan adanya peraturan baru itu, yang tidak diproduksi lokal tidak nol persen," ujar Makmur, kepada wartawan, saat ditemui di Bali, Rabu (26/1/2022).

Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5hyundaimotorgroup.com Ilustrasi mobil listrik IONIQ 5

Maksudnya, yang diproduksi secara lokal adalah Ioniq 5 dan akan mendapatkan PPnBM nol persen. Maka itu, Kona dan Ioniq harganya naik, karena masih diimpor dari Korea Selatan.

"Tapi, untuk yang nanti local production, itu kan PPnBM-nya nol persen. Itu yang nanti akan dinikmati lagi oleh masyarakat Indonesia," kata Makmur.

Baca juga: Kuasai Segmen Mobil Listrik pada 2021, Hyundai Siap Kenalkan Ioniq 5

Makmur mengatakan, Kona dan Ioniq akan tetap dijual, karena segmennya beda, yakni B SUV. Sementara untuk Ioniq 5, segmennya berada di atas itu. Dengan begitu, harganya pun akan berada di atasnya juga.

IEMS 2021 - Hyundai Motors IndonesiaHyundai Motors Indonesia IEMS 2021 - Hyundai Motors Indonesia

"Kalau segmennya beda, fiturnya lebih banyak, sudah pastilah," ujar Makmur.

Saat ini, Kona tipe Signature dibanderol Rp 734,9 juta (OTR Jakarta). Sementara Ioniq, untuk tipe Prime harganya Rp 675,7 juta (OTR Jakarta) dan tipe Signature dijual dengan harga Rp 715,7 juta (OTR Jakarta).

Dengan begitu, ada kemungkinan harga mobil listrik Ioniq 5 akan dipasarkan di kisaran Rp 750 jutaan hingga menembus Rp 800 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com