Hitung Konsumsi BBM Hyundai Creta Saat Pengujian di Bali

Kompas.com - 28/01/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar sesi test drive Creta di Bali. Meski hanya dua hari, tapi sudah cukup bisa untuk menakar konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil tersebut.

Pada sesi test ini, digunakan Hyundai Creta dengan tipe tertinggi, yakni Prime. Sport utility vehicle (SUV) tersebut dibekali mesin Smartstream 1.497 cc, 16 katup, 4-silinder.

Baca juga: Pengalaman Uji Hyundai Creta di Pulau Dewata

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 113,4 tk pada putaran mesin 6.300 rpm. Sedangkan torsi maksimum, dapat mencapai 144,1 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).

Test drive Hyundai Creta di Pulau DewataKompas.com/Donny Test drive Hyundai Creta di Pulau Dewata

Untuk hari pertama, Creta digunakan untuk menempuh perjalanan yang dimulai dari Bandara Ngurah Rai ke Uluwatu. Lalu, lanjut lagi ke Pantai Pandawa dan Pantai Melasti. Ditutup dengan perjalanan ke hotel di daerah Nusa Dua.

Pada hari kedua, rombongan tes yang jumlahnya mencapai lebih dari 30 unit Creta ini memulai perjalanan dari hotel di Nusa Dua menuju restoran di daerah Kintamani.

Baca juga: Mobil Hyundai Creta yang Alami Kecelakaan Akan Diganti Baru

Selama perjalanan, Hyundai Creta melewati berbagai kondisi jalan, baik tanjakan, turunan, permukaan jalan yang rusak, jalanan perkotaan, dan jalan tol.

Lebih Dekat Dengan Hyundai Creta di Pulau DewataDok. HMID Lebih Dekat Dengan Hyundai Creta di Pulau Dewata

Dalam sesi tes ini, mobil diisi oleh dua orang dengan bobot total kurang lebih 150 kg. Lalu, tekanan udara pada masing-masing ban tercatat 35 psi. Sedangkan gaya berkendaranya normal, tidak menggunakan teknik eco driving yang mempertahankan laju mobil pada kecepatan tertentu.

Sebagian besar menggunakan mode berkendara Normal dan sesekali mode Sport. Terkadang juga mobil dipacu dengan kecepatan tinggi untuk mengetes performanya.

Lebih Dekat Dengan Hyundai Creta di Pulau DewataDok. HMID Lebih Dekat Dengan Hyundai Creta di Pulau Dewata

Selama dua hari, Creta menempuh jarak hingga 199,1 km. Pada layar MID, tercatat konsumsi BBM Hyundai Creta tembus 10,8 km/liter.

Terlepas dari akurat atau tidaknya perhitungan pada layar MID, tapi setidaknya sudah ada gambaran seberapa irit konsumsi BBM mobil ini.

Untuk konsumsi BBM Hyundai Creta dengan kondisi penggunaan harian, akan dijabarkan pada artikel pengetesan berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.