Ketemu Genangan Air yang Tinggi Saat Mengemudi, Jangan Asal Terabas

Kompas.com - 19/01/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan adanya genangan air yang cukup tinggi. Khususnya, daerah Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan sekitarnya.

Genangan air yang tinggi atau banjir tersebut cukup mengganggu aktivitas. Banyak orang yang terpaksa memutar balik kendaraannya. Tapi, tak sedikit juga yang nekat menerabasnya.

Baca juga: Hanya Terpaksa, Begini Cara Aman Pengendara Motor Melintasi Banjir

Bagi pengendara mobil, tentu penting untuk mengetahui batas aman kendaraannya bisa melewati genangan air. Sehingga, terhindar dari mesin yang mogok.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Tapi, perlu diketahui, meskipun sebagian mobil cukup tangguh untuk melewati genangan air yang cukup tinggi, tindakan tersebut tetap tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, jika genangan air berada di bawah bodi kendaraan masih aman untuk dilintasi.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Hitung Estimasi Biaya Perbaikannya

“Ada baiknya jika ada genangan air yang cukup tinggi dihindari, karena kalau sudah sejajar dengan mesin itu sudah berbahaya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pantauan banjir di Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). (*dokumen istimewa)kompas.com/REZA AGUSTIAN Pantauan banjir di Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). (*dokumen istimewa)

Didi menambahkan, air akan masuk ke dalam filter udara dan ruang mesin. Sehingga, bisa menyebabkan water hammer atau setang piston bengkok.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, batas aman mobil untuk melewati genangan air adalah 30 cm di bawah air intake (saluran udara).

Banjir akibat luapan sungai merendam ratusan rumah di Desa Clering, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (16/1/2022).DOKUMEN BPBD JEPARA Banjir akibat luapan sungai merendam ratusan rumah di Desa Clering, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (16/1/2022).

"Kalau untuk batas mobil bisa menerobos banjir, sekitar 30 cm di bawah air intake,” kata Sony.

Untuk itu, menurut Sony, sebaiknya setiap pemilik mobil mengetahui letak air intake-nya, karena setiap mobil berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.