Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terendam Banjir, Hitung Estimasi Biaya Perbaikannya

Kompas.com - 11/01/2022, 18:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Banjir bandang terjadi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tepatnya pada Minggu (9/1/2022). Salah satu daerah terdampak banjir cukup parah, yakni Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates.

Pada bencana tersebut, terekam kejadian sebuah mobil terendam dan terseret arus banjir yang cukup deras. Dalam video yang diunggah akun Instagram @memomedsos, belum lama ini, mobil tersebut terbawa arus air di sebuah persimpangan perumahan.

Tentu mobil tersebut akan butuh banyak perbaikan usai banjir reda. Terlebih mobil yang terendam bakal mengalami kerusakan pada berbagai sektornya. Lantas berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan?

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan mobil yang terdampak akan dilihat dulu kondisinya seperti apa, air masuk sampai setinggi apa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by memomedsos (@memomedsos)

"Karena ada paket berdasarkan level biasanya khusus untuk mobil yang terendam banjir," ujar Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, di Daihatsu ada dua metode perbaikan. Yang pertama adalah menghilangkan bekas banjir, dan yang kedua adalah penggantian sejumlah suku cadang yang sudah tidak bisa diselamatkan.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

Bila hanya terendam sampai bagian dek bawah, maka hanya perlu dibersihkan saja dengan kisaran biaya Rp 800.000. Namun, proses pengerjaannya cukup memakan waktu karena tergantung durasi keringnya.

Bila air masuk hingga ke bagian interior dan mengenai jok, biaya yang diperlukan lebih besar lagi. Contohnya Xenia, biaya pembersihan dan pengeringan di kisaran Rp 1 jutaan. Sementara untuk penggantian jok baru, biayanya bisa mencapai Rp 6 juta untuk tiga baris.

Ilustrasi mobil kebanjiran. DOK. Shutterstock Ilustrasi mobil kebanjiran.

"Untuk jok kalau kendaraan bekas banjir, walau masih bisa dipakai pasti ada efek negatifnya. Seperti busa yang lebih mendam, bau, dan tidak senyaman seperti awal," kata Bambang.

Baca juga: New Fortuner 2.800 cc Siap Meluncur, Harga Bekasnya Rp 130 Jutaan

Ia mengungkapkan, umumnya pemilik mobil lebih memilih membersihkan jok dibanding menggantinya dengan yang baru. Hal ini dilakukan demi menekan pengeluaran biaya servis yang lebih mahal.

Apabila air sudah sampai merendam sektor mesin, jelas biaya yang perlu dikeluarkan semakin besar. Sebab ada sejumlah komponen yang harus diganti.

Tentu berbagai cairan pelumas yang sudah terkontaminasi air wajib segera diganti. Apalagi jika mobil terendam dalam waktu lama, mesin butuh dikuras agar bersih.

Biaya akan semakin membengkak jika air sudah merusak sektor kelistrikan, khususnya komponen pada Electronic Control Unit (ECU). Di luar ongkos jasa, biaya perbaikan ECU untuk Xenia bisa mencapai angka Rp 2,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com