Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2022, PLN Resmikan 10 Fasilitas SPKLU di Indonesia Timur

Kompas.com - 18/01/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) resmi melakukan peresmian serentak 10 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) di kawasan Indonesia Timur

Kehadirah 10 SPKLU tersebut, diharapkan bisa mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Adi Priyanto, Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapana) PLN mengatakan, pihaknya berkomitmen mengambil peran utama mewujudkan akselerasi penyediaan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik.

Baca juga: World Premiere di Indonesia, Ini Arti Nama Yamaha Fazzio

"PLN mengajak dan membuka peluang seluas-luasnya bagi seluruh pihak atau Badan Usaha agar dapat berkolaborasi bersama atau menjadi mitra dalam penyediaan SPKLU berbasis model bisnis sharing economy," ujar Adi dalam keterangan resmi PLN, Senin (17/1/2022).

Adapun peresmian SPKLU serentak di regional Sulmapana terdiri dari, tiga unit di Manado, tiga unit di Kendari dan Makassar, Ambon satu unit, Labuan Bajo satu unit, Mataram satu unit, dan Papua satu unit. Sayang tak jelaskan soal spesifikasinya.

PLN resmikan 10 SPKLU di Indonesia TimurPLN PLN resmikan 10 SPKLU di Indonesia Timur

Tak hanya 10, ke depannya Adi menargetkan ada 14 unit SPKLU tambahan lagi di regional Sulmapana, dengan rincian setidaknya dua atau tiga lokasi di masing-masing wilayah.

PLN juga telah menyediakan fitur SPKLU yang terintegrasi aplikasi PLN Mobile. Pengguna mobil listrik dapat dengan mudah menemukan lokasi SPKLU terdekat untuk melakukan pengisian daya.

Lebih lanjut Adi mengatakan, PLN akan memberikan program bundling. Pelanggan yang membeli mobil listrik secara otomatis akan langsung mendapatkan paket pemasangan home charging, diskon tambah daya, sampai pemasangan semua alat.

"Dengan pengisian melalui home charging yang kami pasang tersebut, PLN akan memberikan diskon tarif listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00-05.00, sehingga pelanggan dapat menggunakan mobil dengan nyaman dan tenang keesokan harinya," kata Adi.

Baca juga: Ada yang Catut Nama Kemenperin Beberapa Peserta IIMS 2022 Batal Ikut

SPKLU PLN Ultra ChargingPLN SPKLU PLN Ultra Charging

Secara total, PLN telah berhasil menyediakan SPKLU sebanyak 96 unit SPKLU di 74 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk 2022 sendiri, sudah ada anggaran Rp 120 miliar guna pembangunan infrastruktur kelistrikan dalam mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com