Ada yang Catut Nama Kemenperin Beberapa Peserta IIMS 2022 Batal Ikut

Kompas.com - 17/01/2022, 16:05 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan digelar 17-27 Februari 2022. Ajang ini akan dimeriahkan sejumlah merek mobil, sepeda motor dan aftermarket.

Satu bulan sebelum penyelenggaraan ada kabar miring. Ditengarai ada pihak yang mencatut nama mengaku dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengalihkan peserta pameran IIMS 2022.

Pihak ketiga tersebut mengatakan bahwa Kemenperin tidak merekomendasikan penyelengaraan IIMS 2022, tapi pameran otomotif lain yang rencananya digelar di pusat Jakarta tak lama setelahnya.

Baca juga: Kemenhub Klaim Layanan Bus BTS Makin Digemari

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.Foto: Dyandra Promosindo Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, mengatakan, kabar tersebut memang sampai ke pihaknya. Tapi dia sendiri mengatakan tidak tahu siapa oknum tersebut.

"Kalau hasutan terlalu seram, kalau saya bilangnya mencatut. Lebih halus ya, karena kita inginnya berteman dan bukan mencari musuh," kata Kohen panggilannya kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Meski begitu, Kohen mengatakan tidak terpengaruh. Sebab saat ini sudah banyak Agen Pemegang Merek (APM) yang menyatakan keikutsertaannya di IIMS 2022.

"Jadi ini kalaupun benar, saya dengan APM, kita ada arahan siapa yang bicara juga tidak tahu, tapi pakai nama Kemenperin, apalagi ini ada PPnBM segala macam, menurut saya yang tidak ikut rugi," katanya.

Baca juga: Ketahui Bahaya Menyalip Secara Beriringan di Jalan Raya

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.Foto: Dyandra Promosindo Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kohen mengatakan pihaknya sudah mengkonfirmasi ke Kemenperin dan mengatakan itu tidak benar. Pihak Kemenperin, kata dia, justru kaget ada pihak yang mencatut nama kementerian.

"Ini saya WA dengan pak Dirjen dengan pak Taufiek Bawazier siap bantu penuh IIMS. Bahkan kalau bisa saling komunikasi dengan pak Jokowi, seperti tahun lalu," katanya.

Sumber Kompas.com yang minta dirahasiakan, mengatakan, ada beberapa APM mobil yang mengundurkan diri dari IIMS 2022 karena terindikasi terkena pencatutan nama tersebut, yakni Daihatsu, KIA, Nissan, Audi, dan VW.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.