Penonton MotoGP di Mandalika Tidak Akan Becek-becekan Dengan Lumpur

Kompas.com - 18/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang MotoGP Indonesia 2022, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sudah mulai dilakukan penyempurnaan. Banyak kekurangan yang ada pada penyelenggaraan World Superbike (WorldSBK) mulai diperbaiki.

Salah satu yang banyak dikeluhkan dari penonton final WorldSBK 2021 adalah pada saat hujan. Banyak genangan air yang muncul di area tribun atau area penonton.

Parahnya lagi, tribun masih dibangun di atas tanah merah. Permukaannya belum dilapisi dengan beton atau konblok. Sehingga, ketika hujan deras, muncul lumpur di beberapa titik.

Baca juga: Jokowi Setuju Kapasitas Penonton MotoGP Mandalika 100.000 Orang

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan ke Sirkuit Mandalika. Bukan hanya kunjungan biasa, dia juga menggelar Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Persiapan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.Kompas.com/Donny Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.

Banyak aspek yang dievaluasi dalam rapat tersebut. Tapi, Jokowi juga menyoroti kesiapan Sirkuit Mandalika. Khususnya, pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam sirkuit agar dipercepat.

"Yang kemarin masih kelihatan agak bermasalah, meskipun ini sudah dikerjakan juga, sistem drainase yang menampung kalau ada curah hujan yang tinggi. Ini juga hati-hati. Jangan nanti ada alasan karena curah hujannya ekstrem, berarti enggak siap sistem drainase kita," ujar Jokowi.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2022 Makin Dekat, Jokowi Ingatkan Drainase Sirkuit

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebutkan bahwa sedang menyiapkan sejumlah perbaikan di area Sirkuit Mandalika, mulai dari perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

 

Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.

Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda, mengatakan, sesuai kunjungan Presiden Jokowi dan sudah melihat langsung bagaimana sekarang sudah berubah keadaan di sana, termasuk tanah merah tersebut.

"Sekarang dalam proses pengerasan tanah untuk kita bangun grandstand. Jadi, kalau kemarin kan masih banyak tanah-tanah, sekarang dalam proses pengerjaan," kata Cahyadi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Cahyadi mengatakan, sekarang ini perubahan dan perkembangan di Sirkuit Mandalika sudah sangat signifikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.