Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Pakai Lampu LED, Kenali Plus dan Minusnya

Kompas.com - 14/01/2022, 20:31 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, banyak produsen mobil yang mulai menggunakan lampu jenis light emitting diode atau yang biasa dikenal dengan sebutan LED.

Secara umum, lampu LED biasanya berwarna putih terang. Salah satu kelebihan lampu LED adalah penggunaan energinya yang tidak sebesar lampu jenis halogen.

Lampu LED juga tidak menyebabkan panas berlebih pada rumah lampu, karena sumber utama energinya adalah dioda, komponen yang tidak mengeluarkan panas.

Baca juga: Solusi Lampu LED Bawaan Mobil yang Kurang Terang

Dari segi energi, lampu LED dapat dibilang lebih menguntungkan ketimbang bohlam atau lampu halogen biasa.

"Kelebihan lampu LED, jauh lebih efisien karena menggunakan lebih sedikit energi. Lebih terang, dan lebih tahan lama dari bohlam," ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Walaupun tahan lama, lampu LED ternyata tetap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini akan sangat terasa, ketika pengemudi harus berkendara di kondisi hujan dan berkabut.

Disitat dari Kompas.com, Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa lampu berwarna putih memiliki jarak pandang yang terbatas.

Head lamp All New Corolla 1997 AE111 yang sudah diganti dengan Landcruiser VX80KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Head lamp All New Corolla 1997 AE111 yang sudah diganti dengan Landcruiser VX80

Baca juga: Lampu Mobil Halogen dan LED di Mata Keselamatan Berkendara

Namun, hal ini justru dapat membuat pengemudi lebih awas dan hati-hati saat berkendara di kondisi hujan atau kabut.

"Lampu berwarna putih yang memiliki jarak pandang terbatas ketika kabut dan hujan sebenarnya bagus. Pasalnya, kondisi ini akan memaksa pengemudi menyesuaikan kecepatannya, ketika berada di kondisi itu," jelas Sony.

Senada dengan Sony, Marcell mengatakan bahwa beberapa lampu halogen justru memiliki jarak pijar yang lebih baik ketimbang lampu LED.

Selain itu, lampu kuning juga lebih aman khususnya untuk pengendara atau pengguna jalan yang lain.

"Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu, lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal," jelas Marcell, seperti disitat dari Kompas.com.

Marcell menambahkan, saat ini model lampu LED sudah baik untuk visibilitas pengemudinya. Tapi, lampu model ini masih tetap menyilaukan untuk pengguna jalan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com