Kompas.com - 08/03/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi mobil yang melaju pada malam hari. Instagram @simplyfitmentIlustrasi mobil yang melaju pada malam hari.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah mobil keluaran baru saat ini telah mengaplikasikan lampu LED. Dibandingkan lampu halogen, lampu LED dipilih karena punya sejumlah kelebihan.

Andre, pemilik Nurmaras Autolamp di daerah Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, lampu LED punya kelebihan waktu respons cepat, hemat energi, tahan guncangan, dan menghasilkan pencahayaan serta warna yang baik.

Namun dalam beberapa kondisi, lampu LED justru terasa kurang terang. Terutama saat melintasi jalanan berkabut atau hujan deras. Cahaya lampu terlihat memantul dan tidak bisa menembus.

Baca juga: Tilang Elektronik Bekasi, Ini Pelanggaran yang Diincar dan Posisi Kameranya

Ballast lampu HIDDidi Ahadi Ballast lampu HID

Andre pun kasih solusi dengan mengganti lampu LED bawaan mobil menjadi lampu HID. Menurutnya, lampu HID bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang ketimbang halogen maupun LED.

“Sangat terang tapi tidak menghasilkan panas berlebih, penggunaan listriknya juga masih cukup hemat, karena saat lampu on biasanya mesin sudah menyala, sehingga arus listrik diambil dari dinamo,” ujar Andre, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bisa diganti LED ke HID, nanti rumah lampu pakai bawaan tapi kita pasangkan proyektor. Jadi instalasinya mengikuti lampu bawaan,” kata dia.

Baca juga: Resmi Pensiun, Honda Jazz Bakal Jadi Mobil Antik

Penggunaan lampu HID.istimewa Penggunaan lampu HID.

Dengan segala kelebihannya, lampu HID memang terbilang agak mahal jika dibandingkan halogen ataupun LED.

Andre mengatakan, kisaran harga modifikasi lampu HID beserta proyektor berada di rentang Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta per lampu.

“Untuk mobil Eropa karena instalasi kelistrikannya agak sulit, ada charge tambahan kurang lebih Rp 500.000 per lampu,” ucap Andre.

Baca juga: Ada Diskon Pajak, Harga Mobil Bekas Mulai Anjlok

Ilustrasi berkendara di musim hujanwww.news.com Ilustrasi berkendara di musim hujan

Asyiknya lagi, lampu HID zaman sekarang sudah makin canggih. Dibandingkan LED, lampu jenis ini memang masih ada delay, tapi sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Tapi cahaya lampu HID bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Mau warna putih kebiruan bisa pilih yang 6.000 kelvin, atau mau yang agak kuning supaya bisa tembus kabut pilih 4.300 kelvin," kata Andre.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X