Salin Artikel

Mobil Pakai Lampu LED, Kenali Plus dan Minusnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, banyak produsen mobil yang mulai menggunakan lampu jenis light emitting diode atau yang biasa dikenal dengan sebutan LED.

Secara umum, lampu LED biasanya berwarna putih terang. Salah satu kelebihan lampu LED adalah penggunaan energinya yang tidak sebesar lampu jenis halogen.

Lampu LED juga tidak menyebabkan panas berlebih pada rumah lampu, karena sumber utama energinya adalah dioda, komponen yang tidak mengeluarkan panas.

Dari segi energi, lampu LED dapat dibilang lebih menguntungkan ketimbang bohlam atau lampu halogen biasa.

"Kelebihan lampu LED, jauh lebih efisien karena menggunakan lebih sedikit energi. Lebih terang, dan lebih tahan lama dari bohlam," ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Walaupun tahan lama, lampu LED ternyata tetap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini akan sangat terasa, ketika pengemudi harus berkendara di kondisi hujan dan berkabut.

Disitat dari Kompas.com, Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa lampu berwarna putih memiliki jarak pandang yang terbatas.

Namun, hal ini justru dapat membuat pengemudi lebih awas dan hati-hati saat berkendara di kondisi hujan atau kabut.

"Lampu berwarna putih yang memiliki jarak pandang terbatas ketika kabut dan hujan sebenarnya bagus. Pasalnya, kondisi ini akan memaksa pengemudi menyesuaikan kecepatannya, ketika berada di kondisi itu," jelas Sony.

Senada dengan Sony, Marcell mengatakan bahwa beberapa lampu halogen justru memiliki jarak pijar yang lebih baik ketimbang lampu LED.

Selain itu, lampu kuning juga lebih aman khususnya untuk pengendara atau pengguna jalan yang lain.

"Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu, lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal," jelas Marcell, seperti disitat dari Kompas.com.

Marcell menambahkan, saat ini model lampu LED sudah baik untuk visibilitas pengemudinya. Tapi, lampu model ini masih tetap menyilaukan untuk pengguna jalan lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/14/203100415/mobil-pakai-lampu-led-kenali-plus-dan-minusnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.