Dua Faktor Utama Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Pencegahan

Kompas.com - 12/01/2022, 11:42 WIB
Ilustrasi kampas rem mobil Dok. Toyota AstraIlustrasi kampas rem mobil

JAKARTA, KOMPAS.COM – Rem mobil yang blong menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi. Rem sendiri menjadi bagian terpenting saat berkendara.

Apabila rem kehilangan fungsinya, akan sulit mengendalikan laju mobil. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan keselamatan jiwa.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika
rem blong bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor usia hingga kelalaian pemilik mobil yang jarang merawat mobil.

Baca juga: Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Rem blong bisa diakibatkan oleh kebocoran minyak rem, sehingga saat pedal rem diinjak, minyak rem tidak menekan ke kampas rem,” katanya pada Kompas.com, Selasa (11/1/2021).

Selain itu juga kanvas rem yang tipis atau habis juga bisa menjadi penyebab rem blong. Kampas yang tipis membuat rem tidak maksimal dalam pengereman. Hal ini biasanya terjadi karena faktor usia.

Penyebab berikutnya, adalah timbul vapor lock atau minyak rem mendidih. Karena mendidih timbul uap sehingga rem tidak vakum, hal ini disebabkan saat turunan terjal dan panjang kinerja rem terlalu berat (panas) dan tidak dibantu dengan engine brake.

Dashboard All New Honda Civic RSDOK. HPM Dashboard All New Honda Civic RS

“Prinsip rem adalah vakum tidak boleh ada udara didalam sistem pengereman,” imbuh Didi.

Kondisi lainnya seperti seal yang aus, minyak rem yang tidak pernah diganti, rem terlalu panas juga menjadi penyebab rem mobil blong.

Untuk tanda-tandanya sendiri, ada potensi dapat dikenali. Misalnya seperti rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan itu penyebabnya adalah kekurangan minyak rem.

Baca juga: Lupa Rem Tangan, Mobil Jip Mundur Saat Parkir

Cara mencegah terjadinya rem blong, disarankan  bagi para pemilk mobil rajin melakukan perawatan. Mulai dari melakukan pengecekan rutin pada kondisi minyak dan selang minyak.

Lalu rutin melakukan pemeriksaan usai mobil menempuh jarak 10.000 km. Setiap enam bulan atau satu tahun sekali, rutin menguras lalu mengganti minyak rem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.