Bikers Wajib Waspada Lihat Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Antisipasi Pintu Terbuka

Kompas.com - 11/01/2022, 17:51 WIB
Ilustrasi buka pintu mobil facebookIlustrasi buka pintu mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan seperti pengendara motor yang menabrak pintu mobil terbuka kembali terjadi. Kejadian tersebut pun terekam oleh CCTV dan diunggah oleh akun info_jabodetabek di Instagram.

Terlihat mobil sedang menepi dan penumpang yang ada di belakang ingin keluar. Terlihat penumpang kurang hati-hati saat membuka pintu dan menyenggol pengendara motor yang melaju dari arah belakang.

Pengendara tadi pun terlihat terkapar dan terlempar cukup jauh karena menabrak pintu. Warga sekitar pun langsung menolong pengendara tersebut.

Baca juga: Bodi Bus Panorama Buatan Laksana Muncul Lagi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

 

Menanggapi kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika melihat mobil yang berhenti di depan, kurangi kecepatan dan selalu waspada akan terjadi potensi bahaya yang ada.

“Jadi saat berkendara itu, kita perlu mempunyai prediksi bahaya yang baik. Sehingga bisa meminimalisir setiap potensi bahaya yang terjadi,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Kemudian dan yang paling penting adalah selalu menggunakan riding gear, contohnya helm saat berkendara. Sehingga ketika mengalami kecelakaan dan ada benturan, pengendara tetap aman dan risiko cedera bisa berkurang.

Baca juga: Honda Jazz Tubruk Minimarket, Akibat Tinggalkan Bocah Sendirian di Dalam Mobil

Tips lainnya adalah ketika berkendara di jalan kecil, seperti yang ada di video, jaga kecepatan dan jangan mengebut.

Kedua, pandangan mata harus selalu fokus ke depan agar bisa segera mengantisipasi hal-hal berbahaya di depan.

“Ketiga, kurangi keepatan jika ada mobil yang berhenti maupun melewati persimpangan. Hal ini untuk mengantisipasi obyek yang tiba-tiba keluar dari tempat yang tidak terlihat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.