Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Rencana Beli Mobil, Lakukan Ini Saat Test Drive

Kompas.com - 11/01/2022, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM – Membeli kendaraan pribadi, terutama mobil wajib mempertimbangkan kualitas dari mobil tersebut.

Jangan sampai ketika telah menggelontorkan dana, namun mobil tidak sesuai ekspektasi. Bahkan, parahnya mobil berkualitas buruk terpaksa di bawa pulang.

Oleh sebab itu, test drive atau percobaan mengemudi wajib dilakukan sebelum membeli mobil. Calon pembeli mobil akan mudah mengetahui kekurangan dan kelebihan mobil dengan test drive.

Baca juga: Bisa Melakukan Test Drive Mobil Bekas di Rumah

Test drive biasanya dilakukan di area sekitar diler penjual mobil dengan durasi yang minim. Dengan keterbatasan tersebut, calon pembeli harus mengenali mobil dengan cepat.

“Lihat fitur-fiturnya, kelebihannya serta kekurangan kendaraan tersebut. Saat duduk amati juga dan rasakan. Jika sudah menguasai seluk beluk mobil dan paham, baru hidupkan mesin,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana pada Kompas.com baru-baru ini.

Test drive All New Honda Civic RSKompas.com/Donny Test drive All New Honda Civic RS

Sony menyarankan, jangan asal tancap gas dan mengeksplor kendaraan. Baiknya, melakukan orientasi dengan cara berjalan secara perlahan. Secara bertahap, lihat kemampuan kendaraan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian, calon pembeli harus selalu mengikuti anjuran pemandu saat melewati rute. dengan begitu akan meminimalkan risiko bahaya. Test drive bertujuan untuk menguji kenyamanan mobil bukan sisi ekstrimnya, maka calon pembeli harus fokus di sisi tersebut agar tidak salah kaprah.

“Banyak test drive yang didampingi oleh sales yang hanya tahu jualan, tapi tidak paham keamanannya. Bahkan dia mau menegur saja takut ketika sudah bahaya manuvernya,” ujar Sony.

Baca juga: Orang Indonesia Gemar Test Drive Sebelum Beli Mobil

Baiknya, saat test drive harus sudah punya SIM sesuai dengan jenis kendaraan. Dengan memiliki SIM, pengemudi tahu risiko dan bahaya yang ada. Hal yang paling dasar adalah menggunakan safety belt agar keselamatan selalu terjaga.

Tidak hanya mengendarai, calon pembeli juga wajib menjajal menjadi penumpang di kursi penumpang. Dengan begitu dapat memeriksa kualitas dan kenyamanan mobil area belakang.

Dengan begitu calon pembeli lebih tau detail kekurangan dan kelebihan mobil bagi penumpang nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com