Punya Rencana Beli Mobil, Lakukan Ini Saat Test Drive

Kompas.com - 11/01/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM – Membeli kendaraan pribadi, terutama mobil wajib mempertimbangkan kualitas dari mobil tersebut.

Jangan sampai ketika telah menggelontorkan dana, namun mobil tidak sesuai ekspektasi. Bahkan, parahnya mobil berkualitas buruk terpaksa di bawa pulang.

Oleh sebab itu, test drive atau percobaan mengemudi wajib dilakukan sebelum membeli mobil. Calon pembeli mobil akan mudah mengetahui kekurangan dan kelebihan mobil dengan test drive.

Baca juga: Bisa Melakukan Test Drive Mobil Bekas di Rumah

Test drive biasanya dilakukan di area sekitar diler penjual mobil dengan durasi yang minim. Dengan keterbatasan tersebut, calon pembeli harus mengenali mobil dengan cepat.

“Lihat fitur-fiturnya, kelebihannya serta kekurangan kendaraan tersebut. Saat duduk amati juga dan rasakan. Jika sudah menguasai seluk beluk mobil dan paham, baru hidupkan mesin,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana pada Kompas.com baru-baru ini.

Test drive All New Honda Civic RSKompas.com/Donny Test drive All New Honda Civic RS

Sony menyarankan, jangan asal tancap gas dan mengeksplor kendaraan. Baiknya, melakukan orientasi dengan cara berjalan secara perlahan. Secara bertahap, lihat kemampuan kendaraan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian, calon pembeli harus selalu mengikuti anjuran pemandu saat melewati rute. dengan begitu akan meminimalkan risiko bahaya. Test drive bertujuan untuk menguji kenyamanan mobil bukan sisi ekstrimnya, maka calon pembeli harus fokus di sisi tersebut agar tidak salah kaprah.

“Banyak test drive yang didampingi oleh sales yang hanya tahu jualan, tapi tidak paham keamanannya. Bahkan dia mau menegur saja takut ketika sudah bahaya manuvernya,” ujar Sony.

Baca juga: Orang Indonesia Gemar Test Drive Sebelum Beli Mobil

Baiknya, saat test drive harus sudah punya SIM sesuai dengan jenis kendaraan. Dengan memiliki SIM, pengemudi tahu risiko dan bahaya yang ada. Hal yang paling dasar adalah menggunakan safety belt agar keselamatan selalu terjaga.

Tidak hanya mengendarai, calon pembeli juga wajib menjajal menjadi penumpang di kursi penumpang. Dengan begitu dapat memeriksa kualitas dan kenyamanan mobil area belakang.

Dengan begitu calon pembeli lebih tau detail kekurangan dan kelebihan mobil bagi penumpang nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.