Jangan Percaya Penuh dengan Fitur Kamera Mundur di Mobil

Kompas.com - 11/01/2022, 18:41 WIB
Kamera mundur dan SRS airbag untuk penumpang depan dan pengemudi cukup melengkapi sistem keamanan Toyota Hiace. KompasOtomotif-Donny AprilianandaKamera mundur dan SRS airbag untuk penumpang depan dan pengemudi cukup melengkapi sistem keamanan Toyota Hiace.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian mobil yang dijual saat ini sudah menyematkan fitur kamera mundur yang ditampilkan pada head unit di dasbor. Jadi ketika tuas transmisi masuk ke posisi mundur, terekam gambar kondisi di belakang kendaraan.

Fitur ini juga bisa ditambah untuk mobil yang standarnya tidak mempunyai kamera mundur. Jadi dengan memasang aksesori, pengemudi bisa melihat ke arah belakang lewat layar head unit di dasbor.

Kamera mundur ini tentu sangat bermanfaat ketika sedang ingin parkir mundur. Namun, walaupun gambar yang dihasilkan cukup jelas, ketika ingin parkir tetap harus memerhatikan kondisi di sekitar kendaraan.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Terdapat kamera parkir di belakang.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Terdapat kamera parkir di belakang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ketika lakukan manuver mundur, jangan terlalu fokus pada layar head unit. Hasil gambar yang ditampilkan kamera mundur jangkauannya terbatas.

“Objek yang statis memang bisa terpantau pada kamera mundur, namun yang dinamis atau bergerak tidak sepenuhnya terlihat. Sehingga proses mundur pada kendaraan tetap harus pelan, waspada, dan hati-hati,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perubahan Warna Pelat Nomor Bebas Biaya, Dilakukan Secara Bertahap

Pengemudi tetap harus melihat lewat spion ketika mobil mundur, atau lebih baik lagi menengok ke arah belakang. Jadi bisa dibilang kalau spion dan kamera mundur saling melengkapi ketika ingin bergerak mundur.

“Kamera lebih ke blind spot di belakang mobil dan spion untuk mengecek kondisi sekitar belakang mobil. Keduanya saling melengkapi karena jangkauannya yang terbatas,” ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.