Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Faktor Utama Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Pencegahan

JAKARTA, KOMPAS.COM – Rem mobil yang blong menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi. Rem sendiri menjadi bagian terpenting saat berkendara.

Apabila rem kehilangan fungsinya, akan sulit mengendalikan laju mobil. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan keselamatan jiwa.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika
rem blong bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor usia hingga kelalaian pemilik mobil yang jarang merawat mobil.

“Rem blong bisa diakibatkan oleh kebocoran minyak rem, sehingga saat pedal rem diinjak, minyak rem tidak menekan ke kampas rem,” katanya pada Kompas.com, Selasa (11/1/2021).

Selain itu juga kanvas rem yang tipis atau habis juga bisa menjadi penyebab rem blong. Kampas yang tipis membuat rem tidak maksimal dalam pengereman. Hal ini biasanya terjadi karena faktor usia.

Penyebab berikutnya, adalah timbul vapor lock atau minyak rem mendidih. Karena mendidih timbul uap sehingga rem tidak vakum, hal ini disebabkan saat turunan terjal dan panjang kinerja rem terlalu berat (panas) dan tidak dibantu dengan engine brake.

“Prinsip rem adalah vakum tidak boleh ada udara didalam sistem pengereman,” imbuh Didi.

Kondisi lainnya seperti seal yang aus, minyak rem yang tidak pernah diganti, rem terlalu panas juga menjadi penyebab rem mobil blong.

Untuk tanda-tandanya sendiri, ada potensi dapat dikenali. Misalnya seperti rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan itu penyebabnya adalah kekurangan minyak rem.

Cara mencegah terjadinya rem blong, disarankan  bagi para pemilk mobil rajin melakukan perawatan. Mulai dari melakukan pengecekan rutin pada kondisi minyak dan selang minyak.

Lalu rutin melakukan pemeriksaan usai mobil menempuh jarak 10.000 km. Setiap enam bulan atau satu tahun sekali, rutin menguras lalu mengganti minyak rem.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/114200115/dua-faktor-utama-penyebab-rem-mobil-blong-dan-cara-pencegahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke