Mengapa Pengemudi Wanita Lebih Suka Mobil Hatchback?

Kompas.com - 05/01/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas wanita sudah identik dengan kendaraan pribadi, salah satunya mobil. Kaum hawa juga kerap dicap sebagai penikmat mobil jenis hatchback atau subkompak tipe B yang ada di pasar.

Hatchback sendiri merupakan mobil yang desainnya mirip sedan. Bedanya, mobil hatchback tidak memiliki bagasi yang memanjang layaknya sedan (three box). Pada hatchback, bagasinya terletak tepat di bagian belakang kursi penumpang dengan volume yang lebih kecil (two box).

Mantan Ketua Umum Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Feby Rosseva mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa pengendara wanita menyukai mobil hatchback.

Baca juga: Merah, Warna Favorit Pengemudi Wanita

"Lebih sporty, dan kayak anak muda. Tampilan interior dan eksteriornya juga keren," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Secara umum, mobil hatchback mengusung konsep sporty yang terlihat modern namun elegan. Selain itu, ukuran yang kecil juga membuatnya lebih mudah untuk dicuci sendiri, tidak melulu harus ke salon mobil.

"Untuk perawatan, sama kayak jenis mobil lain. Perawatan berkala. Cuma untuk mencuci, karena ukurannya kecil jadi mudah dibersihkan sendiri," kata Feby.

Dari sudut pandang pengendara wanita, Feby melanjutkan, pada mobil hatchback ada fitur-fitur sederhana yang sangat berguna untuk pengendara wanita. "Kalau di Yaris, banyak tempat untuk menaruh barang. Kayak untuk minum, laci-laci juga banyak," katanya.


Baca juga: Ingat Bahaya Pengendara Motor Melintasi Jalan yang Tercecer Oli

Honda City Hatchback e:HEVheadlightmag.com Honda City Hatchback e:HEV

Senada dengan Feby, Customer Satisfaction & Marketing Communication Head Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani mengatakan bahwa kecenderungan wanita memilih hatchback biasanya karena hatchback dipersepsikan sebagai kendaraan yang stylish dan sporty.

"Karena body yang mungil, sehingga lebih gesit dan mudah mengendarainya. Cocok di area urban atau perkotaan, dengan kondisi jalanan yang padat atau macet," ujar Tantri pada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Mobil hatchback, lanjutnya, juga mudah dioperasikan untuk bermanuver di lahan parkir yang sempit. "Ini yang menjadi salah satu important consideration bagi pengendara wanita," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.