Ladies, Hentikan Kebiasaan Dandan Sambil Menyetir Mobil

Kompas.com - 29/12/2021, 19:01 WIB
Konsumen dianjurkan cermat memeriksa informasi produk dengan mengecek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa (KLIK). UNSPLASH/FREESTOCKSKonsumen dianjurkan cermat memeriksa informasi produk dengan mengecek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa (KLIK).

JAKARTA, KOMPAS.COM – Kini menyetir mobil sendiri tidak hanya dilakukan oleh pria saja, wanita juga mahir mengemudikan kendaraan roda empat. Akan tetapi, beberapa pengendara mobil wanita kerap tak dapat lepas dari urusan make up atau merias wajah.

Alhasil, mengenakan make up selalu menjadi bagian penting untuk mempercantik diri para wanita. Bahkan, beberapa wanita sering mencuri waktu saat lalu lintas macet untuk bersolek.

Mulai dari mengenakan lipstik, bedak, eyeliner, eyeshadow, alis, hingga bulu mata dilakukan oleh wanita di dalam mobil. Kebiasaan ini sangatlah berbahaya dilakukan saat menyetir mobil.

Baca juga: Wanita Cenderung Punya Kabin Mobil Berantakan dari Pria

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, jika merias wajah akan menjadi gangguan saat menyetir mobil.

“Merias wajah sambil mengemudi berbahaya karena akan terjadi distraksi. Pengemudi akan tidak fokus,” katanya pada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Pada saat merias wajah, pengemudi akan mengalami distraksi visual, manual dan kognitif. Oleh karena itu, pengemudi akan sulit mengetahui atau peka terhadap kondisi sekitar.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Sedangkan, saat mengemudi memerlukan konsentrasi yang baik agar mobil melaju dengan aman. Bahkan, kebiasaan wanita merias wajah saat berkendara menjadi salah satu penyebab kecelakaan mobil.

Meskipun kebiasaan ini dilakukan ketika mobil melaju pelan atau berhenti sejenak di lampu merah, namun menggunakan make up di dalam mobil sangatlah berbahaya bagi pengemudi.

Baca juga: Ternyata Perempuan Jarang Servis Mobil Sendiri di Bengkel

Tidak hanya menyebabkan kecelakaan lalu lintas saja, risiko terberat dari kebiasaan buruk ini adalah menghilangkan nyawa orang lain.

“Perlu dipastikan, lalukanlah make up hanya di mobil yang sudah parkir,” tutup Roslianna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.