Siap-siap, Sistem Transaksi Tol Tanpa Henti Berlaku Akhir 2022

Kompas.com - 29/12/2021, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penerapan sistem transaksi tol tanpa henti berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF), dipastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT) bakal diterapkan pada Desember 2022.

"Mulai Desember 2022 sudah implementasi sistem MLFF di sebagian wilayah dan area Jabodetabek adalah salah satu kandidatnya. Kemudian juga Tol Trans Jawa," ujar Kepala BPTJ Danang Parikesit mengkutip Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Dalam implementasi pembayaran tol tanpa henti tersebut, akan dilakukan dalam beberapa tahapan. Artinya, tak langsung membuka semua gerbang tol, tapi lebih dulu dengan sistem transaksi free flow atau Single Lane Free Flow (SLFF).

Baca juga: Bahaya, Jangan Menggelar Kasur di Kabin Mobil Saat Pergi Berlibur

Menurut Danang, dari total 40 gerbang tol yang direncanakan bakal menerapkan sistem transaksi nontunai nirsentuh MLFF tersebut, untuk tahap atau fase I akan dijalankan pada Maret 2022.

Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).BPJT Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).

Sistem MLFF sendiri merupakan inovasi pembayaran tanpa sentuh yang digadang-gadang bisa menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi di jalan tol Indonesia.

Teknologi MLFF berjalan menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) dan Global Positioning System (GPS) yang akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di sistem sentral.

Pelaksanaan MLFF sendiri akan diawali dengan proses uji coba penerapan sistem secara bertahap, yang akan dilakukan mulai tahun depan. Kemudian, untuk pelaksanaan penuh baru akan direalisasikan pada 2023.

Baca juga: Parkir Mobil Manual, Enggak Perlu Tambah dengan Masukkan Gigi

Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2021.Dok. Jasa Marga Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2021.

Untuk tahap awal, sistem transaksi tol tanpa henti tersebut akan diterapkan pada 40 jalan tol yang sudah ada saat ini, baik di Pulau Jawa dan Bali, termasuk Jabodetabek dan Tol Trans-Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.