Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ladies, Hentikan Kebiasaan Dandan Sambil Menyetir Mobil

JAKARTA, KOMPAS.COM – Kini menyetir mobil sendiri tidak hanya dilakukan oleh pria saja, wanita juga mahir mengemudikan kendaraan roda empat. Akan tetapi, beberapa pengendara mobil wanita kerap tak dapat lepas dari urusan make up atau merias wajah.

Alhasil, mengenakan make up selalu menjadi bagian penting untuk mempercantik diri para wanita. Bahkan, beberapa wanita sering mencuri waktu saat lalu lintas macet untuk bersolek.

Mulai dari mengenakan lipstik, bedak, eyeliner, eyeshadow, alis, hingga bulu mata dilakukan oleh wanita di dalam mobil. Kebiasaan ini sangatlah berbahaya dilakukan saat menyetir mobil.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, jika merias wajah akan menjadi gangguan saat menyetir mobil.

“Merias wajah sambil mengemudi berbahaya karena akan terjadi distraksi. Pengemudi akan tidak fokus,” katanya pada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Pada saat merias wajah, pengemudi akan mengalami distraksi visual, manual dan kognitif. Oleh karena itu, pengemudi akan sulit mengetahui atau peka terhadap kondisi sekitar.

Sedangkan, saat mengemudi memerlukan konsentrasi yang baik agar mobil melaju dengan aman. Bahkan, kebiasaan wanita merias wajah saat berkendara menjadi salah satu penyebab kecelakaan mobil.

Meskipun kebiasaan ini dilakukan ketika mobil melaju pelan atau berhenti sejenak di lampu merah, namun menggunakan make up di dalam mobil sangatlah berbahaya bagi pengemudi.

Tidak hanya menyebabkan kecelakaan lalu lintas saja, risiko terberat dari kebiasaan buruk ini adalah menghilangkan nyawa orang lain.

“Perlu dipastikan, lalukanlah make up hanya di mobil yang sudah parkir,” tutup Roslianna.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/29/190100015/ladies-hentikan-kebiasaan-dandan-sambil-menyetir-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke