Kenali Letak Ban Serep, Tiap Mobil Berbeda-beda

Kompas.com - 29/12/2021, 18:51 WIB
Ban serep dengan posisi di kolong mobil Kompas.com/DonnyBan serep dengan posisi di kolong mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil memiliki letak penyimpanan ban cadangan yang berbeda-beda. Ban serep atau ban cadangan digunakan jika ban mengalami kebocoran atau kerusakkan.

Tiap mobil yang dipasarkan dan beroperasi di Indonesia wajib memiliki ban serep. Hal ini disebutkan dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), tepatnya pasal 57 butir ke 2.

"Kalau di Indonesia ini kan masuk regulasi, ya. Artinya, ban cadangan itu harus ada. Kalau di negara-negara lain, ada yang tidak masuk regulasi," jelas Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Kenali Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru

Pengemudi juga perlu mengenal letak ban serep pada mobilnya, agar tahu apa yang harus dilakukan saat harus mengatasi ban mobil yang rusak atau pecah.

Letak ban serep berbeda-beda pada tiap mobil. Ada mobil yang ban serepnya terletak di bawah bodi mobil, bagasi belakang, bagian atas mobil ataupun bagian belakang mobil.

"Ban serep umumnya terletak di belakang," kata Bambang.

Mitsubishi Kuda Grandia dengan 'konde' ban serep seperti mobil SUV Mitsubishi Kuda Grandia dengan 'konde' ban serep seperti mobil SUV

Dari antara titik ban serep yang lain, ban serep yang terletak di bagian belakang mobil cenderung lebih sulit untuk dibongkar. Karena, ada pengikat yang lebih kuat dibanding ban serep di titik lain.

Pada mobil-mobil kecil seperti mobil hatchback, ban serep biasanya terletak di bagian bagasi mobil. Ban yang terletak di bagian bagasi lebih bersih dan aman, karena tidak terekspos kotoran dari luar ataupun aspal.

Ban serep yang terletak di bagian bawah mobil rentan kotor dan rusak, karena berada sangat dekat dengan mesin mobil dan juga aspal jalanan.

Sedangkan, untuk mobil-mobil dengan ukuran yang lebih besar seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV), ban serepnya diletakkan di bagian belakang mobil atau di pintu bagasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.