Bersih-bersih Interior Helm, Kenali Nama Komponennya

Kompas.com - 28/12/2021, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua helm pengendara motor bisa dibongkar-pasang bagian dalamnya. Hal ini menjadikan helm lebih sulit untuk dibersihkan, khususnya ketika sudah mulai lembab dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Ketika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, helm baiknya segera dicuci agar bersih dan tetap nyaman dipakai.

"Sebaiknya mencuci helm ketika helm sudah mulai terasa bau, atau interiornya sudah mulai terasa agak lengket karena keringat yang menempel," kata Irwansyah, Brand Technical DeRide Store, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Tips Naik Motor Trail buat Pengendara Mungil

Mencuci helm sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Helm yang bagian interiornya bisa dibongkar-pasang, membuatnya menjadi lebih mudah dicuci. Dengan dilepasnya bagian interior, helm juga akan menjadi lebih bersih dan mudah dikeringkan.

"Saran saya, sebaiknya memilih helm yang bagian interiornya dapat dilepas, sehingga lebih memudahkan kita untuk membersihkan seluruh bagian dalam helm," paparnya.

Pada helm yang bisa dibongkar-pasang, ada beberapa bagian interior yang harus dikenali. "Crownpad, cheekpad, strap cover," kata Irwansyah.

Crownpad merupakan busa pada bagian atas dalam helm. Cheekpad adalah busa pada sisi kanan dan kiri helm, tepatnya di daerah pipi.

Sedangkan strap cover adalah tali pengikat helm yang terletak di bagian depan bawah helm.

Membersihkan helm.Motorcycle Membersihkan helm.

Bagian-bagian interior helm ini adalah komponen yang paling banyak terpapar keringat. "Semua bagian helm yang sering terkena keringat lalu dicuci dengan menggunakan sabun cair. Bagian dalam helm dapat dibersihkan dengan kain yang sedikit dibasahkan untuk mengangkat bagian debu yang menempel masuk dari ventilasi," paparnya.

Selain bagian interior, bagian ventilasi atau sirkulasi udara helm juga harus dibersihkan. Bagian ini dapat dibersihkan menggunakan cotton bud.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.