Kompas.com - 28/12/2021, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencananya PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) hendak membangun 21 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru di 15 shelter di Bali.

Hal tersebut dilakukan demi mendukung kelancaraan operasional mobil listrik yang jadi kendaraan resmi selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun depan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memproyeksikan bakal ada sekitar 500 unit mobil listrik yang difungsikan oleh panitia KTT G20 nanti. Maka dari itu, infrastruktur pendukung seperti SPKLU perlu disiapkan dengan matang.

Baca juga: Diskon SUV Medium Monokok, Almaz Dapat Potongan Sampai Rp 60 juta

Darmawan mengatakan, 21 unit SPKLU yang sedang dibangun saat ini ditargetkan bisa selesai dan segera beroperasi mulai Maret 2022.

"Ada 5 SPKLU sudah mulai proses pekerjaan dan Januari 2022 sudah bisa digunakan masyarakat. Sisanya diperkirakan selesai Maret 2022," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik

Ia berharap pertemuan internasional tersebut bisa menunjukkan pemanfaatan mobil listrik sebagai salah satu tema utama G20 yakni transisi menuju energi bersih.

Di sisi lain, Darmawan menilai penyediaan SPKLU bukan hanya untuk menunjang kegiatan KTT G20, tetapi juga sebagai langkah untuk mendukung transisi ke energi bersih dengan mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: Mitsubishi Bicara Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia

Tentu hal ini turut mendukung langkah Kementerian BUMN yang memang sedang mempertimbangkan Bali sebagai daerah percontohan akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kita bisa bikin jadi contoh kalau bisa mendorong mobil listrik di Bali. Kalau ini berhasil, ini bisa menyebarluaskan di kota lain," kata Darwawan.

Hingga saat ini, PLN sudah membangun 67 unit SPKLU yang berlokasi di 45 titik di 21 kota. Info layanan SPKLU juga sudah tersedia di aplikasi PLN Mobile, bisa membantu pengguna kendaraan listrik untuk mencari lokasi SPKLU terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.