Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Jangan Bermain Ponsel Saat Berkendara

Kompas.com - 28/12/2021, 15:25 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, video di meda sosial terkait pengakuan seorang warga yang mengalami perusakan spion mobil oleh pasukan pengamanan presiden RI (Paspampres) viral.

Hal tersebut dialami warganet bernama Taufan Azis, yang kemudian tegur para rombongan dan mengaku kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sebab, ia tidak terima bila dihakimi secara sepihak oleh Paspampres.

"Pak Jokowi tolong pak itu. Pak rombongannya lewat-lewat saja, engga usah ngerusak spion juga kali pak. Ini bagaimana ini pak spion saya rusak gara-gara rombongan Bapak," kata dia.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas

Ilustrasi Kecelakaan Karena Bermain Ponsel Saat Berkendaragoogle Ilustrasi Kecelakaan Karena Bermain Ponsel Saat Berkendara

Namun setelah dilakukan komunikasi oleh pihak terkait, Taufan mengakui kesalahannya karena memainkan ponsel saat berkendara hingga mobilnya nyaris bersenggolan dengan kendaraan Paspampres.

Pernyataan itu dikatakannya secara langsung melalui video yang diterima Kompas.com dari Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Selasa (28/12/2021).

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Paspampres, saya Taufan Azis, pemilik akun Instagram @taufan_gilbert, menyampaikan permohonan maaf saya dan mengakui kesalahan saya atas tindakan saya mengupload video kerusakan kaca spion mobil saya karena menghalangi jalan rombongan presiden," kata Taufan

Taufan pun mengakui tindakannya menyalahi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

"Oleh karena itu saya meminta maaf atas tindakan saya tersebut. Semoga dapat menjadi pelajaran kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak terulang kembali," kata dia.

Baca juga: Korlantas Polri Terjunkan 12 Unit ETLE Mobile Selama Nataru

Cara membersihkan casing HP perlu disesuaikan dengan bahannya.PEXELS/ALEX UGOLKOV Cara membersihkan casing HP perlu disesuaikan dengan bahannya.

Belajar dari kasus tersebut, penting untuk para pengendara tak lalai dalam melakukan aktivitas berkemudi. Sebab, hilangnya konsentrasi sejenak bisa menyebabkan kecelakaan fatal dan merugikan orang lain.

Mungkin memang terkesan sepele, tapi studi mengatakan potensi bermain ponsel sambil berkendara lebih berbahaya daripada pengaruh alkohol dari dua botol bir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.