Mobil Senggol Motor Saat Parkir, Sopir Bukan Damai Malah Main Pukul

Kompas.com - 23/12/2021, 17:52 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beredar sebuah video yang memperlihatkan pengemudi mobil yang cekcok dengan pemilik sepeda motor. Kabarnya, insiden ini terjadi pada 16 Desember 2021 di Medan, Sumatera Utara.

Terekam dalam video yang diunggah akun @dashcamindonesia (23/12/2021), awalnya sebuah motor Suzuki Smash telah parkir di depan mini market.

Tak lama berselang, SUV Toyota Land Cruiser Prado masuk dan menyenggol sedikit motor tersebut. Syukur motor tidak sampai terjatuh.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Jakarta Utara, 7 Kendaraan Ringsek

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Namun ketika pemilik motor meminta mobil untuk mundur, pengemudi Prado tidak terima. Ia malah memukul pemilik motor, sampai dileraikan petugas mini market.

Informasi yang beredar Pengendara Roda 4 tidak terima kendaraanya untuk mundur agar kendaraan Roda 2 bisa keluar. Terlihat jelas dari cctv Mobil yang masuk menyengol sepeda motor yang parkir,” tulis caption video tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, sebaiknya pengguna jalan menghindari situasi yang dapat menimbulkan emosi di jalan raya.

Baca juga: Honda N-One Sabet Gelar K CAR of the Year

Ilustrasi pengendara emosi kurtbubna.com Ilustrasi pengendara emosi

“Pertimbangkan bila melakukan tindakan agresif, apa akibatnya bila berurusan dengan hukum,” ujar Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, tindakan yang ditunjukkan pengemudi mobil bisa dikenakan sejumlah pasal pidana.

Menurutnya, dalam kasus kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan, ringan, sedang atau berat akan diproses dengan acara peradilan pidana, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 230 UU 22/2009).

Baca juga: Daftar MPV Murah Terlaris Sepanjang November 2021

Ilustrasi kecelakaan lalu lintasGAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

“Perdamaian yang dilakukan oleh keluarga korban dan pelaku akan dapat dipertimbangkan hakim untuk meringankan hukumannya,” ucap Budiyanto, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.