Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Senggol Truk, Hati-hati Blind Spot Truk Saat Parkir

Kompas.com - 24/11/2021, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk memang memiliki titik buta yang lebih luas dibanding kendaraan lainnya karena dimensi kendaraan yang besar. Titik buta atau blind spot merupakan area yang tidak terlihat oleh mata pengemudi, baik secara langsung maupun lewat spion.

Oleh karena itu, orang harus tahu di mana saja letak blind spot dari truk. Jangan sampai apes seperti seorang pengendara motor yang tersenggol truk karena masuk ke area blind spot truk yang sedang parkir.

Video tersebut diunggah akun Romansa Sopir Truck di Instagram dan sudah disukai oleh lebih dari 2.000 orang. Terlihat seorang pengendara motor yang nampak bingung ingin menyalip truk yang ada di sisi jalan.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Penyesalan Terbesar Selama Balapan

 

Mungkin karena bingung, pengendara tadi malah diam di belakang boks truk tersebut. Maka terjadilah senggolan antara truk yang mundur dengan motor yang ada di belakang boks.

Tentu saja pengendara motor masuk ke blind spot dari truk. Hal ini terjadi karena truk tidak bisa melihat ada obyek apa di belakangnya karena tertutup boks.

Head Of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan jangan dekat dengan truk. Ada beberapa cara untuk mengetahui posisi pengendara masuk blind spot truk atau tidak, yaitu lihat pengemudi lewat kaca spion truk.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

“Sopir enggak lihat ada motor di belakangnya, lebih baik cari posisi yang aman, dapat terlihat oleh mata pengemudi dari kaca spion,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, dari sisi truk juga harus menyiapkan kernet yang membantu pengemudi untuk memarkirkan truk. Jadi kernet bisa mengamankan sisi truk yang tidak terlihat pengemudi, parkir jadi lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com