Daftar MPV Murah Terlaris Sepanjang November 2021

Kompas.com - 23/12/2021, 07:12 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales untuk kendaraan keluarga berkapasitas 7-penumpang berharga terjangkau atau biasa dikenal low multi purpose vehicle (LMPV) mulai tumbuh jelang akhir tahun.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, segmen gemuk di Tanah Air tersebut naik 56,7 persen dibanding satu bulan sebelumnya, yakni menjadi 16.105 unit.

Hal terkait sejalan dengan tumbuhnya penjualan mobil dari pabrik ke diler nasional di periode sama sebesar 16,7 persen secara bulanan, usai berlaku insentif PPnBM dan terhelatnya pameran GIIAS 2021.

Baca juga: Penjualan LSUV Naik Tipis pada November 2021, Xpander Cross Turun

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Honda di GIIAS 2021.KOMPAS.com/Nanda Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi booth Honda di GIIAS 2021.

Pertumbuhan pasar LMPV juga didukung dari banyaknya produk yang kini mulai meramaikan pasar Indonesia, seperti Toyota Veloz dan Nissan Livina. Adapun kontribusi segmen ini tetap stabil di level 18 persenan.

Adapun bila dilihat lebih luas, yaitu enam bulan ke belakang, LMPV masih meningkat atau tumbuh positif. Tak tanggung-tanggung, rata-rata pertumbuhannya mencapai 60 persenan.

Sementara untuk penguasa mobil keluarga ini selama November 2021, kini dikuasai oleh Veloz dengan torehan 4.210 unit. Mengalahkan capaian dari Toyota Avanza yang secara konsisten berada di posisi puncak.

Setelah melepaskan diri, kendaraan berjuluk mobil sejuta umat tersebut berada di peringkat kedua dengan total penjualan 3.947 unit. Meski begitu, penjualannya masih mencatatkan pertumbuhan, baik secara bulanan maupun tahunan.

Tepat berada di bawahnya, masih diisi oleh Daihatsu Xenia yang berhasil tumbuh dari 1.151 unit menjadi 2.743 unit. Namun nasib buruk dialami oleh Mitsubishi Xpander yang terlempar ke posisi empat dengan 2.007 unit.

Baca juga: Toyota Sebut Industri Otomotif Nasional Perlahan Membaik

Presiden Jokowi Kunjungi All New Veloz di GIIAS 2021-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri), Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi (kanan) tengah mendengar penjelasan dari Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (ketiga kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (keempat kanan) mengenai All New Veloz saat mengunjungi  booth Toyota pada GIIAS 2021 di ICE BSD City Tangerang, Rabu (17/11). 
Doc Toyota Presiden Jokowi Kunjungi All New Veloz di GIIAS 2021-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri), Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi (kanan) tengah mendengar penjelasan dari Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (ketiga kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (keempat kanan) mengenai All New Veloz saat mengunjungi booth Toyota pada GIIAS 2021 di ICE BSD City Tangerang, Rabu (17/11).

Padahal produk andalan Mitsubishi di Indonesia itu terus berada di posisi pertama dan kedua secara bulanan.

Kemudian secara berurutan, LMPV terlaris ditempati oleh Wuling Confero (1.266 unit), Suzuki Ertiga (1.055 unit), Honda Mobilio (631 unit), serta Nissan Livina (246 unit).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.