Tak Ada Penyekatan, Kemenhub Siapkan Skenario Tes Acak Antigen

Kompas.com - 20/12/2021, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tak ada penyekatan selama momen libur Natal dan tahun baru.

"Dalam pengaturan dan pengendalian transportasi kali ini, perlu kami tegaskan tidak ada penyekatan, yang ada adalah pengetatan protokol kesehatan di semua prasarana dan sarana transportasi," kata Adita dalam siaran resminya secara virtual, Senin (20/12/2021).

Menurut Adita, aturan terkait perjalanan jarak jauh dengan menggunakan semua moda transportasi sudah di terbitkan melalui empat Surat Edaran (SE) yang merujuk pada SE Satgas Covid dan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Ganjil Genap Berlaku di Kawasan Puncak

Selain aturan umum seperti vaksin, hasil tes negatif, serta syarat perjalanan bagi anak di bawah 12 tahun, Kemenhub juga akan melakukan pembatasan penumpang di semua moda transportasi.

Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

"Ada ketentuan pembatasan penumpang di semua moda transportasi. Untuk transportasi darat, nantinya akan diatur sesuai level PPKM dan juga jenis transportasinya," ujar Adita.

Lebih lanjut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, untuk sektor darat, pengaturan pembatasan penumpang sampai saat ini masih 75 persen dari kapasitas penuh.

Baca juga: Ini Aturan dan Syarat Perjalanan Darat Terbaru Selama Libur Nataru

Terkait soal pengetatan protokol kesehatan, Budi menjelaskan kemungkinan akan ada pemeriksaan secara acak pada pelaku perjalanan darat di beberapa lokasi.

Polres Purbalingga membuka layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru rapid tes antigen gratis di tugu perbatasan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (19/5/2021).KOMPAS.COM/Dok Humas Polres Purbalingga Polres Purbalingga membuka layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru rapid tes antigen gratis di tugu perbatasan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (19/5/2021).

"Ada potensi pengambilan random sampling yang akan kami siapkan di rest area, jembatan timbang, atau tempat lain untuk pegetesan kepada pelaku perjalanan dengan antigen dan vaksin secara gratis," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.