Daihatsu Ekspor Ribuan Unit Mobil dari Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 20/12/2021, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) termasuk salah satu pabrikan yang memiliki kontribusi besar dalam ekspor nasional kendaraan roda empat. Untuk itu, Daihatsu juga memaksimalkan fasilitas ekspor di Pelabuhan Patimban.

Pada Jumat (17/12/2021), ADM juga turut hadir dan berpartisipasi pada acara Penyerahan pengelolaan (hand over) Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Dan Ekspor Perdana Kendaraan di pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Untuk diketahui, Pelabuhan Patimban yang dibangun oleh konsorsium Jepang dan Indonesia ini resmi diserahkan pengelolaannya yang sebelumnya dari pemerintah kepada swasta.

Baca juga: Bengkel Sahabat Daihatsu Turut Tingkatkan Kualitas Pendidikan SMK

Seremoni penyerahan pengelolaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Budi mengatakan, penyerahan pengelolaan pelabuhan ke pihak swasta bertujuan meningkatkan daya saing logistik nasional.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maksimalkan fasilitas ekspor Pelabuhan PatimbanDok. ADM PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maksimalkan fasilitas ekspor Pelabuhan Patimban

"Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” ujar Budi, dalam acara serah terima pengelolaan Pelabuhan Patimban.

Di saat yang bersamaan, Pelabuhan Patimban langsung melakukan kegiatan ekspor perdananya dengan mengekspor lebih dari 1.200 unit kendaraan ke Filipina.

Beberapa di antaranya adalah mobil yang diproduksi oleh ADM untuk brand Toyota, seperti Rush, Avanza, Wigo, dan Raize.

Baca juga: Penjualan LCGC Melambat di November 2021, Daihatsu Sigra Terlaris

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga November 2021, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), ADM merupakan penyumbang terbesar dengan volume sebanyak lebih dari 108.000 unit, atau berkontribusi sebesar 40,6 persen dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 267.224 unit.

Pelabuhan PatimbanBKIP Kemenhub Pelabuhan Patimban

Produk ADM terbukti memiliki kualitas yang diakui dunia, karena diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.

Selain untuk brand Daihatsu sendiri, ADM juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota, seperti model Town/Lite Ace, Avanza, Rush, Raize, dan Wigo; dan Mazda untuk model Bongo.

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara,” ujar Johan, Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.