Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Kemenhub Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kalangan Pelajar

Kompas.com - 20/12/2021, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas masih menjadi masalah serius yang wajib diperhatikan semua pihak, terutama para pengguna sepeda motor.

Apalagi berdasarkan data dari 2016-2020, sebanyak 75 persen kecelakaan melibatkan pengguna motor. Mirisnya, korban terbanyak didominasi kalangan pelajar, yakni berkisar 15-24 tahun.

Karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pentingnya menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini. Salah satu caranya dengan menggelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara.

Baca juga: Video Viral Pengendara Motor Kawal Ambulans Ditilang, Begini Aturannya

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan bisa memberikan pemahaman cara berlalu lintas dengan benar dan selamat guna menekan kecelakaan, khususnya pengguna motor di kalangan pelajar. Karena itu materi yang diberikan juga terkait pelatihan cara berkendara motor.

Sosialisasi Keselamatan BerkendaraKEMENHUB Sosialisasi Keselamatan Berkendara

"Safety riding ini merupakan suatu upaya yang baik. Bila anak-anak muda ini tertib berlalu lintas, akan muncul komitmen dari dirinya untuk melakukan hal lainnya dengan tertib," ucap Budi dalam keterangan resminya, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan yang dihelat di Madrasah Terpadu Mu'allimin Muhamadiyah Yogyakarta tersebut, merupakan kolaborasi antara Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kepolisian RI, dan Jasa Raharja.

Berdasarkan data, ada beberapa jenis pelanggaran yang kerap kali dilakukan pengguna motor, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa. Mulai menggunakan handphone saat berkendara, tak menggenakan helm, melanggar rambu dan marka, belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan ugal-ugalan.

Baca juga: Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

Lebih lanjut Budi berpesan agar para pelajar, khususnya Madrasah Mu'allimin Muhamadiyah, dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan turut menjadi bagian dari insan transportasi. Dengan demikian dapat memberikan contoh yang baik kepada lingkungan.

Kemenhub gelar Sosialisasi Keselamatan BerkendaraKEMENHUB Kemenhub gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Selain itu, Kemenhub juga terus mensosialisasikan prinsip 4A bagi para pengguna jalan raya, yakni Alertness, Awareness, Attitude, dan Anticipation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com