Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan 30 Produk Mobil Listrik Murni Hingga 2030

Kompas.com - 14/12/2021, 15:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) berencana untuk segera merealisasikan komitmen perusahaan atas terciptanya kendaraan bermotor tanpa emisi atau karbon netral, melalui battery electric vehicle (BEV).

Sebab, dengan kehadiran mobil tanpa emisi dipercaya akan meningkatkan rasa bahagia kepada seluruh lapisan masyarakat. Ini seiring membaiknya kualitas udara sehingga kualitas hidup membaik.

"Kami ingin membantu mewujudkan dunia seperti itu. Sehingga, kami ingin mengurangi atau menekan emisi CO2 dari kendaraan sebesar mungkin dan secepat mungkin," kata Chief Executive TMC Akio Toyoda dalam konferensi virtual, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Antisipasi ODOL, Korlantas Siapkan Timbangan Portabel Pengukur Muatan

Rencana line-up kendaraan listrik Toyota yang pertama kali dikenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021).KOMPAS.com/Ruly Rencana line-up kendaraan listrik Toyota yang pertama kali dikenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021).

"Ke depan, kita akan terus memperluas pilihan kendaraan carbon neutral. Secara spesifik, pada 2030 nanti akan ada 30 model BEV yang hadir, baik untuk passanger maupun commercial segment," lanjut dia.

Menurut Akio, banyaknya pilihan pada kendaraan listrik merupakan suatu langkah terbaik perusahaan untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

Dalam jangka waktu menengah atau panjang, diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa secara mudah berkontribusi untuk mengurangi tingkat emisi yang diasilkan oleh kendaraan.

"Tentu akan sangat sulit membuat semua orang senang dengan hanya ada satu pilihan saja. Oleh karena itu, Toyota persiapkan banyak pilihan untuk konsumen di seluruh dunia (termasuk Lexus)," kata Akio.

Adapun salah satu produk yang dimaksud ialah BZ (Beyond Zero) series, yang terdiri dari BZ 4x, Bz Compact SUV, BZ Small Crossover, BZ sedan, dan BZ Large SUV.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Lexus UX 300e sampai 5 Tahun

Toyota BZ-Series pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021). Toyota BZ-Series pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021).

Produk lainnya, ada kendaraan listrik perkotaan komersial mungil seperti EPod, mobil offroad elektrik, pikap elektrik, sampai supercar elektrik.

Dalam periode yang sama pula, Toyota dan Lexus bertekad untuk dapat menjual 3,5 juta mobil listrik berbasis baterai, dengan 1 juta di antaranya datang dari produk Lexus.

"Toyota brand sekarang menawarkan lebih dari 100 model ICE, hybrid, PHEV, dan fuel cell ke lebih dari 170 negara/region. Lexus sendiri telah menawarkan lebih dari 30 model kendaraan yang di antaranya konvensional, hybrid, dan PHEV ke lebih 90 negara/region," kata Akio.

"Kami bertekad, Toyota dan Lexus, akan mencapai netralitas karbon pada 2035," ujar dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com