Alasan Banyak Mobil Sekarang Pakai Busi Iridium

Kompas.com - 14/12/2021, 16:01 WIB
Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan). Ghulam/OtomaniaBusi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).

JAKARTA, KOMPAS.com - Material yang digunakan pada busi bermacam-macam dan salah satunya adalah iridium. Busi dengan material tersebut yang sekarang ini digunakan pada banyak mobil.

Busi merupakan salah satu komponen pada mesin yang ada di ruang bakar. Fungsinya cukup vital, karena menjadi pemantik api agar mesin bisa hidup. Selain itu, busi berhubungan juga dengan performa mesin dan lainnya.

Baca juga: Ketahui Dampak Pasang Busi Mobil Tidak Sesuai Spesifikasi Mesin

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, alasan banyak kendaraan beralih ke iridium adalah demi menyesuaikan regulasi Euro.

Busi NGKStanly/Otomania Busi NGK

"Makanya, banyak pabrikan yang saat ini sudah beralih dari busi nikel ke busi iridium untuk kendaraannya agar bisa diterima domestik maupun ekspor," ujar Diko, saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Diko menambahkan, saat ini hanya Suzuki saja yang belum beralih ke busi iridium. Sedangkan Toyota dan Daihatsu sudah mulai dari generasi mesin berkode NR pada 2015 lalu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kualitas BBM Pengaruhi Usia Busi Mobil?

"Jadi, semua konfigurasi mesin sudah diatur menyesuaikan aturan itu semua. Jadinya, segala hal yang berkaitan dengan ruang bakar mengikuti," kata Diko.

NGK Luncurkan Busi NR-Engine Laser Iridium Genuine Performance Upgrade ILKAR6B11NGK BUSI NGK Luncurkan Busi NR-Engine Laser Iridium Genuine Performance Upgrade ILKAR6B11

Menurut Diko, penggunaan busi iridium juga membantu mesin untuk menghasilkan emisi yang lebih baik, karena pembakarannya lebih sempurna.

"Kalau secara durability, busi dengan logam mulia lebih tahan dibanding busi standar nikel," ujar Diko.

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, banyak faktor dari desain mesin tersebut untuk memutuskan menggunakan busi iridium pada produknya.

"Salah satunya untuk mengejar emisi dan efisiensi," kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.