Akhir Pekan Ini, Polres Cilegon Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Wisata Pantai Anyer

Kompas.com - 09/12/2021, 17:12 WIB
Pemberlakuan ganjil genap di Kawasan wisata Anyer mulai Sabtu (11/12/2021) Satlantas Polres CilegonPemberlakuan ganjil genap di Kawasan wisata Anyer mulai Sabtu (11/12/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan mobilitas menjelang libur Natal dan tahun baru 2022 diupayakan oleh beberapa pemerintah daerah guna mengurangi persebaran virus covid-19.

Polres Cilegon, Banten, akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap (gage) bagi kendaraan pribadi luar daerah di sepanjang jalur wisata Pantai Anyar-Cinangka pada Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Pengalaman Pengemudi Bawa Bus dengan Spion Kamera, Butuh Adaptasi

Kapolres Kota Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, uji coba dilaksanakan pada Sabtu 11 Desember 2021 sejak pukul 06.30 WIB.

“Gage akan diuji coba di jalur wisata Anyer- Cinangka, mohon perhatian kepada masyarakat untuk dapat mengetahui pemberlakuan gage pada akses jalan menuju tempat wisata Anyer,” kata Sigit dalam keterangan resmi, Kamis (9/12/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satlantas Polres Cilegon (@satlantasrescilegon)

Pemberlakuan ganjil genap untuk membatasi mobilitas kendaraan pribadi ini akan dilakukan efektif sepanjang parayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022.

“Ini selaras dengan kebijakan pemerintah pusat untuk dapat mengontrol mobilitas warga di tempat-tempat wisata saat Nataru mendatang,” ucap Sigit.

Baca juga: Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

Saat ini, Polres Cilegon tengah gencar melakukan imbauan baik kepada masyarakat lokal maupun luar yang akan melaksanakan wisata di wilayah Pantai Anyar-Cinangka, tentang kebijakan ganjil-genap tersebut dan meminta agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem yang selalu di-update oleh BMKG.

“Diharapkan masyarakat dapat mengurangi mobilitasnya saat Nataru, terutama di tempat wisata Pantai Anyer serta senantiasa siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana,” ucapnya.

Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi RachmanANTARA/Yogi Rachman Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo menyebutkan, jalur gage akan dilaksanakan di Pos Simpang JLS Ciwandan dan Simpang Teneng Cinangka.

Baca juga: Marc Marquez adalah yang Terbaik di MotoGP

Penerapan ganjil genap tersebut akan dimulai pukul 06.30 WIB setiap hari Sabtu sampai dengan pukul 15.00 WIB untuk hari Minggu.

“Ada beberapa pengecualian, di antaranya kendaraan dengan hak utama, kendaraan umum non-bus, kendaraan dinas, dan kendaraan masyarakat sekitar,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.