Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

Kompas.com - Diperbarui 09/12/2021, 04:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan jauh kerap membuat pengemudi mobil lelah. Istirahat dalam kabin di rest area, biasanya jadi solusi paling pas, dilakukan.

Namun, tidur di dalam mobil merupakan aktivitas berbahaya, jika dilakukan tanpa memperhatikan beberapa hal. Tidur di kabin dalam kondisi mesin menyala dengan kaca tertutup rapat bisa berbahaya karena bisa saja terjadi kebocoran gas karbon terhirup.

Situasi ini bisa membuat pengemudi pingsan lemas, sampai akhirnya kehabisan oksigen, dan meinggal dunia. Kejadian seperti ini, kerap terjadi pada sebagian pengemudi yang tidak paham.

Baca juga: Berikut Tips Aman Tidur di Mobil Saat Perjalanan Jauh

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, saat tidur dengan kondisi mesin mobil menyala, gas buangnya bisa terhisap yang bisa menyebabkan keracunan.

Ilustrasi tertidur di mobil.duinewsblog.org Ilustrasi tertidur di mobil.

“Sebaiknya kaca dibuka sedikit agar ada sirkulasi udara yang baik, sehingga saat beristirahat di dalam mobil pengemudi bisa nyaman dan tentunya aman,” kata Didi, kepada Kompas.com, beberapa watu lalu.

Lalu, bagaimana jika tidur di kabin mobil listrik alias battery electric vehicle (BEV()?

Seperti diketahui, mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang.

Baca juga: Awas, Kurang Tidur 2 Jam Saja Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan

"Kalau mobil listrik, tidak ada emisi yang dikeluarkan, jadi aman. Kecuali, di basement bersama dengan mobil lain yang mesinnya menyala," kata Didi.

Didi menambahkan, saat hendak tidur di dalam mobil sebaiknya memilih tempat yang aman dan nyaman terlebih dahulu. Hindari bersitirahat di tempat sepi atau di bawah pohon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.