Diskon PPnBM Rangsang Penjualan Sedan, Honda Berharap Diperpanjang

Kompas.com - 09/12/2021, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen dinilai sukses memberikan dampak positif terhadap penjualan mobil di Tanah Air.

Dampak positif tersebut dirasakan juga oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), karena beberapa model andalannya mendapatkan diskon pajak dari pemerintah, termasuk sedan.

Baca juga: Honda Stop Penjualan Civic Hatchback RS, Sisa 21 Unit di Indonesia

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, sekarang ini semua mobil CKD Honda mendapatkan relaksasi PPnBM DTP.

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

"Jadi, pasarnya tumbuh bagus. Jadi, PPnBM DPT ini dampaknya sangat bagus," ujar Billy, kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Namun, insentif PPnBM DTP hanya berlaku hingga akhir Desember 2021. Meskipun, tidak menutup kemungkinan program diskon pajak ini bisa diperpanjang lagi.

Baca juga: Terdongkrak PPnBM, Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil 2021 Tembus Target

"Januari, harapan kami diperpanjang. Kami yakin pemerintah mempunyai kebijakan yang tepat supaya pertumbuhan ekonomi bisa terus terjaga," kata Billy.

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

Billy mengatakan, pihaknya berharap PPnBM DTP dapat diperpanjang. Namun, seandaikan tidak diperpanjang atau dihapuskan, dirinya berharap bisa dilakukan secara bertahap.

"Misal, dari nol persen ke 15 persen, nol persen ke 20 persen. Kalau dari nol persen langsung ke 100 persen, konsumen bisa kaget," ujar Billy.

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

Billy mengatakan, saat kunjungan Jokowi ke GIIAS 2021, sempat diungkapkan bahwa PPnBM DTP akan dievaluasi, karena dampaknya sangat positif. Maka itu, HPM yakin pemerintah mempunyai kebijakan yang terbaik untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.