Pengalaman Pengemudi Bawa Bus dengan Spion Kamera, Butuh Adaptasi

Kompas.com - 08/12/2021, 15:21 WIB

BOGOR, KOMPAS.comAvante D1 milik PO Harapan Jaya merupakan bus pertama yang menggunakan spion kamera. Jadi bus dengan panjang 13,5 meter ini sudah tidak menggunakan spion kaca biasa, tapi sudah diganti dengan kamera.

Terdapat dua kamera di masing-masing spion, satu mengarah ke belakang dan satu ke bawah. Hasil tangkapan kamera tadi langsung ditampilkan lewat dua layar yang ada di kabin pengemudi.

Bus ini sudah beroperasi sejak tanggal 5 Desember 2021 dengan rute Bogor-Surabaya. Redaksi Kompas.com pun mendatangi pool Harapan Jaya yang ada di Tajur, Bogor untuk melihat langsung Avante D1 ini.

Baca juga: Banyak yang Tidak Tahu Fungsi Kotak Hitam di Atas CVT Honda BeAT

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

Selain melihat langsung, redaksi juga mengobrol dengan salah satu pengemudinya, Agus. Bisa dibilang, Avante D1 jadi bus pertama dengan spion kamera yang beroperasi, melewati malam dan pagi, menempuh perjalanan jauh.

Agus mengatakan, untuk rasa mengemudinya, bus Avante D1 terasa luar biasa. Bus enak dikemudikan apalagi menggunakan sasis premium Scania K410 iB yang memiliki suspensi dan tenaga yang lembut.

Untuk spion kamera, Agus mengatakan kalau masih terasa aneh ketika digunakan. Bus ini juga baru menjalani satu kali Pergi Pulang dari Surabaya-Bogor.

Baca juga: Jangan Kebiasaan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

“Kita masih adaptasi, kalau malam dan hujan, itu lebih mikir, silau dan buram,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Kemudian ketika malam hari, cahaya dari kendaraan lain masih sulit diperkirakan dekat atau jauhnya dari bus. Jadi pengemudi memang belum terbiasa, jadi perlu waktu untuk beradaptasi.

Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

“Ya kita sama-sama belajar, namanya juga teknologi baru. Ini juga masih ada spion kecil yang biasa, posisinya ada di kanan,” kata Agus.

Sudah ada dua Avante D1 milik PO Harapan Jaya yang beroperasi. Untuk tiketnya, jika berangkat dari Bogor ke Surabaya, dikenakan tarif Rp 385.000 untuk kelas super luxury, baik di hot seat maupun di bangku super eksekutif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.