Kompas.com - 09/12/2021, 07:02 WIB

Bali, KOMPAS.com - Toyota Avanza sebagai MPV sejuta umat kerap menuai sensasi, baik itu positif maupun negatif, termasuk generasi terbaru yang diluncurkan 10 November 2021 lalu.

Sektor eksterior dan interior yang berubah total tentu saja mampu mencuri perhatian industri otomotif nasional.

Ubahan lain yang tak kalah heboh dan menjadi pembicaraan hangat adalah pergeseran sistem gerak, yang sebelumnya gerak roda belakang (RWD : Rear Wheel Drive) menjadi gerak roda depan (FWD : Front Wheel Drive).

Baca juga: Penjualan Toyota Avanza dan Veloz Capai Rekor pada November 2021

Beberapa kalangan menyangsikan performa Avanza baru karena menggunakan FWD. Salah satu cara untuk membuktikan kebenaran tersebut adalah mencoba langsung performanya.

Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depantoyota Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depan

Kebetulan awak redaksi bersama beberapa media diundang Toyota Astra Motor untuk test drive Avanza di Bali, 7-9 Desember 2021.

Tolok ukur

Salah satu tolok ukur paling mudah dan juga menjadi ketakukan beberapa kalangan adalah kemampuan menanjak yang tak lagi superior.

Nah, kebetulan beberapa daerah di Bali memiliki karakter jalan menanjak yang cukup beragam, mulai dari yang curam dan landai dengan jarak tanjakan yang panjang.

Baca juga: Makin Lapang, Avanza dan Veloz Baru Punya Double Blower Lebih Tipis

Rute dimulai dari Bandara Ngurah Rai, Bali, menuju kawasan Garuda Wisnu Kencana, Pantai Pandawa, Gianyar dan berakhir di Ubud. Sebagai catatan tambahan, Avanza yang kami gunakan berisi 4 orang dengan total berat sekitar 320 kg.

Hasilnya, performa menanjak MPV bermesin 2NR-VE berkapasitas 1.5L terbilang cukup baik dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.