Salin Artikel

Tes Menanjak Toyota All New Avanza FWD

Sektor eksterior dan interior yang berubah total tentu saja mampu mencuri perhatian industri otomotif nasional.

Ubahan lain yang tak kalah heboh dan menjadi pembicaraan hangat adalah pergeseran sistem gerak, yang sebelumnya gerak roda belakang (RWD : Rear Wheel Drive) menjadi gerak roda depan (FWD : Front Wheel Drive).

Beberapa kalangan menyangsikan performa Avanza baru karena menggunakan FWD. Salah satu cara untuk membuktikan kebenaran tersebut adalah mencoba langsung performanya.

Kebetulan awak redaksi bersama beberapa media diundang Toyota Astra Motor untuk test drive Avanza di Bali, 7-9 Desember 2021.

Tolok ukur

Salah satu tolok ukur paling mudah dan juga menjadi ketakukan beberapa kalangan adalah kemampuan menanjak yang tak lagi superior.

Nah, kebetulan beberapa daerah di Bali memiliki karakter jalan menanjak yang cukup beragam, mulai dari yang curam dan landai dengan jarak tanjakan yang panjang.

Rute dimulai dari Bandara Ngurah Rai, Bali, menuju kawasan Garuda Wisnu Kencana, Pantai Pandawa, Gianyar dan berakhir di Ubud. Sebagai catatan tambahan, Avanza yang kami gunakan berisi 4 orang dengan total berat sekitar 320 kg.

Hasilnya, performa menanjak MPV bermesin 2NR-VE berkapasitas 1.5L terbilang cukup baik dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bahkan awak redaksi sempat melakukan aksi berhenti sejenak lalu kembali bergulir, di jalan menanjak yang cukup curam di kawasan Pantai Pandawa. Hasilnya, Avanza terbaru dengan torsi 137 Nm plus transmisi otomotis jenis CVT ini tidak membutuhkan effort yang besar untuk bisa kembali menanjak.

Torsi

Kuncinya adalah torsi sebagai penghasil gaya dorong setiap kendaraan. Apalagi ditambah bobot kendaraan yang ringan sehingga memberi kontribusi yang baik saat akselerasi terutama ketika menanjak.

Menurut beberapa literatur, rasio perbandingan antara torsi dan bobot (TTWR : torque to weight ratio) menjadi kunci kemampuan mobil berakselerasi.

Jika melihat data, Avanza baru memiliki torsi 137 Nm dengan bobot kosong 1.115 kg artinya TTWR yang dimliki 0,123 Nm/kg. Sementara teman-teman sesama MPV memiliki kisaran yang tak jauh berbeda, Honda Mobilio 0,077 Nm/kg, Suzuki Ertiga 0,116 Nm/kg, dan Mitsubishi Xpander 0,079 Nm/kg.

Artinya, jika Anda ingin mengetahui dan memperkirakan seperti apa kemampuan menanjak All New Avanza, sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan para penghuni segmen MPV sejuta umat lainnya.

Jadi, sepertinya FWD bukan sebuah masalah yang serius. Sebab, semua tergantung dari besaran torsi sebagai gaya dorong mobil dari posisi diam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/09/070200715/tes-menanjak-toyota-all-new-avanza-fwd

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.