Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Seres SF5, Mobil Listrik Baru DFSK

Kompas.com - 08/12/2021, 17:32 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Seres SF5 resmi dipamerkan DFSK di lantai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya, Rabu (8/12/2021), sebagai special display kendaraan listrik.

Sejumlah teknologi hasil pengembangan tim Research and Development (R&D) DFSK ditanamkan dalam mobil yang diklaim memiliki kemampuan setara sports car ini.

Seres SF5 sendiri mengadopsi wujud mobil sport utility vehicle (SUV) dengan berbagai teknologi baru dari DFSK, didukung layanan konektivitas yang kuat, dan desain baru.

“Kami terus berkomitmen menghadirkan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih dan mendukung mobilitas konsumen sehingga bisa menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu,” ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi, di GIIAS Surabaya 2021.

Baca juga: Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

Melihat eksteriornya, Seres SF5 punya desain yang elegan. Ciri khas utamanya ada pada desain Sigma LED DRL yang berbentuk kilatan listrik, menandakan mobil ini ditenagai oleh listrik, serta penambahan Diamond Grill pada mukanya.

Di buritannya, terpasang Skyline Streamer-Go Through LED Tailight dengan desain yang juga artistik.

DFSK Seres SF5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA DFSK Seres SF5

Seres SF5 memasang Hidden Door Handle pada pintu mobilnya sehingga nampak menyatu dengan bodi. Handel baru akan keluar jika pembawa smart key berada di radius 1 meter sekitar mobil, dan otomatis sembunyi kembali jika tidak ada aktivitas selama 30 detik.

Pada kaki-kakinya, terpasang pelek beraura sporty dengan dimensi 20 inci dibalut ban standar 255/45 dari Pirelli P Zero yang umum dipasang pada beberapa mobil sport.

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Untuk tenaga penggeraknya, Seres SF5 dibekali sistem penggerak 4x4 didukung High Performance Dual Electric Motor SEP200AC tenaga 255 kW di depan dan HW150 di belakang dengan tenaga 150 kW. DFSK mengklaim catatan akselerasi dari 0 ke 100 kpj hanya butuh waktu 4,7 detik.

Kedua motor listrik tersebut mendapatkan suplai daya dari baterai Lithium-ion 35 kWh. Baterai ini pun sudah mendukung teknologi fast charging dengan kecepatan pengecasan 20 persen ke 80 persen kurang dari 1 jam.

DFSK Seres SF5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA DFSK Seres SF5

Jika sulit menemukan SPKLU selama perjalanan, Seres SF5 punya fitur Intelegent Extended Range Technology berupa mesin motor pembakaran internal yang berfungsi sebagai generator pengisi daya baterai saat dayanya sudah di angka 20 persen. Berkat fitur tersebut, DFSK mengklaim mobil ini punya daya jelajah hingga 1.000 kilometer.

Baca juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Usai PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Seres SF5 dibekali sejumlah mode berkendara dengan pengaturan elektronik. Terdapat 5 mode berkendara, 4 mode perjalanan, 3 mode steer, dan 2 mode pengereman yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna.

Terpasang sistem baru Smart Engine Start/Stop tanpa perlu menekan tombol. Ketika pengemudi duduk di jok dan mengenakan sabuk pengaman, mesin akan menyala secara otomatis. Dan bila pengemudi keluar dari kendaraan, mesin akan langsung dinonaktifkan.

Seres SF5 didukung layar 12,3 inci LCD Smart Instrument Panel full digital. Layar tersebut terkoneksi dengan kontrol utama yang juga menampilkan informasi kendaraan secara terkini termasuk informasi kemudi secara otonom. Tampilan layarnya pun bisa dikustomisasi.

Baca juga: Skutik Honda Scoopy Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

Interior DFSK Seres SF5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Interior DFSK Seres SF5

Untuk entertainment, terpasang head unit layar sentuh 17 inci dengan fitur bernama HICar. HICar sendiri adalah Huawei Intelligence Car yang mirip dengan CarPlay.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com