Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Lapang, Avanza dan Veloz Baru Punya Double Blower Lebih Tipis

Kompas.com - 25/11/2021, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelapangan kabin yang makin lega, mejadi salah satu nilai jual dari generasi terbaru Toyota All New Avanza dan Veloz. Hal tersebut di dapat dari banyak berubahan, salah satunya penggunaan platform DNGA yang membuat dimensinya melar.

Dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.750, membuat ruang kabin kedua MPV sejuta umat tersebut makin nyaman bagi penumpangnya. Bahkan hingga penumpang paling belakang, alias baris ketiga.

Berdasarkan data, jarak antar penumpang baris pertama dan kedua Avanza sebesar 980 mm, untuk jarak penumpang baris kedua dan ketiga 700 mm dengan gerak maju-mundur 240 mm pada baris kedua yang kemudian dipadukan dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm.

Baca juga: Adu Jumlah SPK di GIIAS 2021, Lebih Banyak Veloz atau Xpander?

AC Double Blower All New Avanza-VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL AC Double Blower All New Avanza-Veloz

Tak hanya ruang kaki yang kini makin terasa lapang, ruang kepala di baris kedua juga makin leluasa. Selain karena lebih tinggi, adanya model AC double blower baru yang lebih tipis turut berperan memberikan kenyamanan baru.

Sekilas model double blower yang digunakan All New Avanza dan Veloz, mirip-mirip dengan air circulator pada Calya dan Sigra. Namun secara fungsi, bisa dipastikan berbeda.

Hal tersebut karena pada Avanza dan Veloz baru masih berguna sebagai double blower, bukan seperti air circulator pada Agya dan Sigra yang fungsinya sekadar meneruskan udara sejuk dari AC pada baris pertama ke baris belakang.

"Betul itu berbeda, mungkin sekilas saja nampak sama (dengan Calya dan Sigra). Untuk AC baris kedua pada Avanza dan Veloz itu benar-benar blower, modelnya memang baru tapi itu tetap ada evaporator-nya," ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kencan Singkat Toyota All New Veloz, Jauh dari Kata Minder

Menurut Didi, double blower pada Avanza dan Veloz baru memang memiliki desain yang lebih pipih sehingga memberikan rasa lapang yang maksimal. Namun dipastikan cara kerja dan fungsinya sama seperti double blower pada model sebelumnya.

Penumpang juga masih bisa menyesuaikan kebutuhan tingkar kesejukan melalui knob yang bisa diputar. Bahkan sudah dilengkapi dengan tuas atau penghalang pada ventilasi untuk mengarahkan udara sejuk yang dikeluarkan.

AC Double Blower All New Avanza-VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL AC Double Blower All New Avanza-Veloz

Sementara untuk selebihnya dari sektor kabin, selain memilki banyak kompartemen yang membuatnya makin nyaman sebagai MPV tujuh penumpang.

Konfigurasi kursi pada jok baris kedua juga bisa dirombak menyesuikan kebutuhan, dan menariknya bisa dijadikan New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com