Makin Lapang, Avanza dan Veloz Baru Punya Double Blower Lebih Tipis

Kompas.com - 25/11/2021, 10:42 WIB
All New Toyota Veloz KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Toyota Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelapangan kabin yang makin lega, mejadi salah satu nilai jual dari generasi terbaru Toyota All New Avanza dan Veloz. Hal tersebut di dapat dari banyak berubahan, salah satunya penggunaan platform DNGA yang membuat dimensinya melar.

Dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.750, membuat ruang kabin kedua MPV sejuta umat tersebut makin nyaman bagi penumpangnya. Bahkan hingga penumpang paling belakang, alias baris ketiga.

Berdasarkan data, jarak antar penumpang baris pertama dan kedua Avanza sebesar 980 mm, untuk jarak penumpang baris kedua dan ketiga 700 mm dengan gerak maju-mundur 240 mm pada baris kedua yang kemudian dipadukan dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm.

Baca juga: Adu Jumlah SPK di GIIAS 2021, Lebih Banyak Veloz atau Xpander?

AC Double Blower All New Avanza-VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL AC Double Blower All New Avanza-Veloz

Tak hanya ruang kaki yang kini makin terasa lapang, ruang kepala di baris kedua juga makin leluasa. Selain karena lebih tinggi, adanya model AC double blower baru yang lebih tipis turut berperan memberikan kenyamanan baru.

Sekilas model double blower yang digunakan All New Avanza dan Veloz, mirip-mirip dengan air circulator pada Calya dan Sigra. Namun secara fungsi, bisa dipastikan berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut karena pada Avanza dan Veloz baru masih berguna sebagai double blower, bukan seperti air circulator pada Agya dan Sigra yang fungsinya sekadar meneruskan udara sejuk dari AC pada baris pertama ke baris belakang.

"Betul itu berbeda, mungkin sekilas saja nampak sama (dengan Calya dan Sigra). Untuk AC baris kedua pada Avanza dan Veloz itu benar-benar blower, modelnya memang baru tapi itu tetap ada evaporator-nya," ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kencan Singkat Toyota All New Veloz, Jauh dari Kata Minder

Menurut Didi, double blower pada Avanza dan Veloz baru memang memiliki desain yang lebih pipih sehingga memberikan rasa lapang yang maksimal. Namun dipastikan cara kerja dan fungsinya sama seperti double blower pada model sebelumnya.

Penumpang juga masih bisa menyesuaikan kebutuhan tingkar kesejukan melalui knob yang bisa diputar. Bahkan sudah dilengkapi dengan tuas atau penghalang pada ventilasi untuk mengarahkan udara sejuk yang dikeluarkan.

AC Double Blower All New Avanza-VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL AC Double Blower All New Avanza-Veloz

Sementara untuk selebihnya dari sektor kabin, selain memilki banyak kompartemen yang membuatnya makin nyaman sebagai MPV tujuh penumpang.

Konfigurasi kursi pada jok baris kedua juga bisa dirombak menyesuikan kebutuhan, dan menariknya bisa dijadikan New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.