Pahami Cara Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 08/12/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. iStock/KwangmoozaaIlustrasi kecelakaan lalu lintas.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja menyebut bahwa selama ini banyak masyarakat yang tak memahami langkah-langkah penanganan korban kecelakaan lalu lintas di jalanan, apalagi korban yang sampai merenggut nyawa.

Padahal, hal tersebut sangat penting untuk memastikan cedera pada para korban tidak semakin parah. Terkhusus, yang membutuhkan tanggungan dengan segera.

"Tentunya, langkah utama ialah menghubungi pihak-pihak penting untuk menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas seperti kepolisian serta Jasa Raharja," kata Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Sintang Ineng SP Wahyuni dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Solo Kini Turut Punya SPKLU, Berapa Tarifnya?

Pihak kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan lalu lintas yang membuat seorang gadis berinisial D meninggal di Jalan Benteng Betawi, Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (15/4/2021) siang.(istimewa/dokumentasi Polres Metro Tangerang Kota) Pihak kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan lalu lintas yang membuat seorang gadis berinisial D meninggal di Jalan Benteng Betawi, Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (15/4/2021) siang.

Kemudian, pastikan pula bahwa kecelakaan yang terjadi bukan kecelakaan tunggal. Sebab, korban yang hanya dilindungi asuransi Jasa Raharja ialah mereka yang terkena dampak akibat suatu kendaraan, bukan benda mati.

"Bila syarat utama itu sudah terpenuhi, langsung buat laporan Kepolisian," kata dia.

Dalam kesempatan sama, Pihak Dinkes dan PMI juga menggelar simulasi pertolongan pertama terhadap korban laka lantas yang nantinya akan mudah dipahami seluruh pihak.

Dipraktikkan melalui workshop bersama jajaran Satlantas Polres Sintang, diharapkan korban atas kecelakaan lalu lintas tidak semakin parah karena penangannya tepat.

“Saat memberikan pertolongan, awal itu dipastikan dulu apakah korban dalam kondisi hidup atau meninggal dunia. Kemudian posisi (luka yang dialami) pada bagian mana," kata Ns. Azni Firmania, Kasi Yankes Rujukan Dinkes Sintang.

Baca juga: Pengalaman Pengemudi Bawa Bus dengan Spion Kamera, Butuh Adaptasi

Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021). Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021).

"Kemudian dilanjutkan dengan bentuk pertolongan apa yang tepat untuk dilakukan seperti menutup luka dan mengatur arus lalu lintas,” ujarnya.

Tidak lupa, dalam membantu menyelamatkan korban kecelakaan di tengah pandemi Covid-19 ini juga harus dengan protokol kesehatan.

“Karena kan saat ini di tengah Pandemi Covid-19, kita tidak tahu bagaiman kondisi korban yang kita tolong. Jadi ditambahkan dengan penanganan korban kecelakaan, tapi dengan protokol kesehatan,” jelas Kanit Laka Lantas Polres Sintang Ipda Roni Simorangkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.