Pedagang Bumbu Dapur di Sragen Beli Yamaha Xmax Rp 62 Juta Pakai Uang Recehan

Kompas.com - 08/12/2021, 13:01 WIB
Siswanto, pedagang bumbon di Pasar Sragen, Jawa Tengah membeli Yamaha Max secara tunai menggunakan uang pecahan. Foto: YamahaSiswanto, pedagang bumbon di Pasar Sragen, Jawa Tengah membeli Yamaha Max secara tunai menggunakan uang pecahan.
|

 

SRAGEN, KOMPAS.com - Siswanto, pedagang bumbon atau bumbu-bumbu dapur di Pasar Sragen, Jawa Tengah, membeli sepeda motor Yamaha Xmax secara tunai menggunakan uang pecahan.

Siswanto mengatakan menabung selama tiga tahun untuk membeli motor impiannya. Selama itu setiap hari dia rajin menabung mayoritas uang dari pecahan Rp 2.000 sampai Rp 10.000.

"Untuk mewujudkan impian saya ini, saya rela menabung selama tiga tahun. Setiap hari saya menyisihkan hasil jualan saya, kadang Rp 5.000 atau Rp 10.000, atau pernah juga sebesar Rp 2.000," kata Siswanto, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Siswanto, pedagang bumbon di Pasar Sragen, Jawa Tengah membeli Yamaha Max secara tunai menggunakan uang pecahan.Foto: Yamaha Siswanto, pedagang bumbon di Pasar Sragen, Jawa Tengah membeli Yamaha Max secara tunai menggunakan uang pecahan.

Warga Kecamatan Sragen Kota ini membeli motor di Yamaha Kondang Motor Sukoharjo. Siswanto mengatakan, sudah tertarik dengan Xmax sejak motor tersebut meluncur di Indonesia.

“Dari awal Yamaha mengeluarkan produk ini saya langsung tertarik, tetapi kan karena saya sadar belum memiliki uang sebanyak itu maka impian tersebut saya pendam," ungkapnya.

"Karena itu saya harus menabung. Setiap hari saya menyisihkan hasil dari jualan saya untuk ditabung. Berapapun jumlahnya, saya sudah bertekad untuk menabung setiap hari,” katanya.

Karyawan diler Yamaha Kondang Motor Sukoharjo menghitung uang pecahan.Foto: Yamaha Karyawan diler Yamaha Kondang Motor Sukoharjo menghitung uang pecahan.

Novita Ika Hayuningtyas, Kepala Cabang Kondang Motor Sukoharjo mengatakan ini kali pertama konsumen membeli motor secara tunai dengan pembayaran pecahan dan bervariasi.

Baca juga: Benarkah Era Mobil Listrik Mengancam Industri Otomotif Konvensional?

"Kami harus menghitung uang yang nilainya sebesar Rp 60 jutaan secara tunai dengan berbagai pecahan yang menghabiskan waktu hingga 3,5 jam,” kata Novita.

Dari hasil perhitungannya, terdapat pecahan uang Rp 100.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000. Adapun pecahan paling besar atau paling banyak ialah pecahan Rp 2.000.

Warna baru Yamaha Xmax 250 di 2021Dok. YIMM Warna baru Yamaha Xmax 250 di 2021

“Total jumlah uang yang kami terima dengan pecahan Rp 2.000 mencapai angka yang sangat besar, Rp 20 jutaan. Ini membuktikan bahwa pak Siswanto demikian tekun dalam menabung,” kata Novita.

Mengutip situs resmi Yamaha, saat ini harga resmi Yamaha Xmax ialah Rp 62.000.000 On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.