Fitur Unggulan dari Bus Bodi Avante D1, Banyak Pakai Kamera

Kompas.com - 08/12/2021, 13:41 WIB
Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

BOGOR, KOMPAS.comKaroseri Tentrem belum lama ini meluncurkan bodi terbarunya yakni Avante D1. Bodi yang baru meluncur tersebut langsung digunakan PO Harapan Jaya dengan rute Bogor-Surabaya.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk melihat langsung seperti apa Avante D1 beserta fitur-fiturnya. Avante D1 ini menjadi bus pertama yang menggunakan spion kamera, bukan spion biasa atau dari kaca.

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

 

Spion kamera ini terdiri dari dua kamera yang dipasang di setiap sisi. Satu kamera mengarah ke belakang dan satu lagi ke bawah. Hasil gambar dari kamera ini pun langsung dipancarkan lewat layar LCD di kabin pengemudi.

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Nataru

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

Ketika kontak mesin dinyalakan, spion kamera langsung aktif, jadi tidak memakan banyak waktu untuk menampilkan gambarnya. Pada layar yang ditempatkan di kabin pengemudi, menampilkan dua gambar dari spion kamera, ke arah belakang dan bawah.

Kemudian di bagian dasbor juga terpasang satu layar selain head unit untuk menampilkan citra bus secara 360 derajat. Citra bus yang ditampilkan pada layar tersebut merupakan hasil tangkapan empat kamera yang ada di depan, sisi kanan dan kiri, serta belakang.

Kamera 360 derajat di bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kamera 360 derajat di bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1

Sama seperti layar yang menampilkan spion kamera, kamera 360 derajat langsung menyala ketika kontak di posisi ‘on’. Kamera ini sangat membantu manuver bus, terutama di jalanan sempit atau ketika mau parkir.

Baca juga: Banyak yang Tidak Tahu Fungsi Kotak Hitam di Atas CVT Honda BeAT

Kandang macan bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kandang macan bus AKAP PO Harapan Jaya dengan bodi Avante D1

Masuk ke kabin pengemudi Avante D1, ada beberapa hal yang cukup unik. Misalnya di belakang bangku pengemudi ada kandang macan, atau tempat istirahat untuk kru dan pengemudi. Selain itu di sampingnya juga terdapat pintu kecil sebagai akses ke tangga menuju kabin penumpang.

Kemudian, membahas bodi Avante D1 yang merupakan bus model low drive, tentu bagasinya sangat luas. Bahkan diperkirakan tinggi dari bagasi ini sekitar 150 cm sampai 160 cm, sehingga bisa muat banyak barang, termasuk motor.

Bagasi bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bagasi bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

Sebelumnya, bagasi Avante D1 ini memiliki sekat yang memisahkan kompartemen atas dan bawah. Namun ketika pertama kali jalan dari Surabaya, sekat tadi dilepas karena bagasinya digunakan untuk membawa motor.

Walaupun bisa diisi motor, bagasi tetap luas karena ada juga pintu bagasi di atas rumah roda belakang. Selain itu juga bagasinya tembus, sehingga makin banyak barang yang masuk dan mudah untuk mengaturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.