Balap Liar Ingin Difasilitasi, Apakah Bakal Efektif?

Kompas.com - 08/12/2021, 14:21 WIB
Polisi tengah menindak remaja yang hendak balapan liar di wilayah hukum Polsek Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Foto Humas Polda JabarPolisi tengah menindak remaja yang hendak balapan liar di wilayah hukum Polsek Pameungpeuk Kabupaten Bandung.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap liar merupakan masalah sejak lama yang timbul tenggelam di masyarakat seiring penegakan hukum. Sehingga ada kesan sulit memerangi balap liar.

Belum lama ini seorang polisi Brigadir Irwan Lombu dikeroyok saat hendak membubarkan balap liar di dekat Bundaran Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (7/12/2021) dini hari.

Berbagai upaya dilakukan oleh pihak kepolisian. Belum lama ini Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mewacanakan untuk memfasilitasi para pelaku balap liar yang kerap beraksi di jalan raya.

Baca juga: Etika dan Tips Aman Tangani Motor Mogok di Tengah Jalan

Balapan liar di depan rumah dinas Bupati Pamekasan, Kamis (15/4/2021) dini hari digelar sejumlah pemuda untuk menunggu jadwal sahur. Selama Ramadhan, balapan liar digelar rutin di malam hari.KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN Balapan liar di depan rumah dinas Bupati Pamekasan, Kamis (15/4/2021) dini hari digelar sejumlah pemuda untuk menunggu jadwal sahur. Selama Ramadhan, balapan liar digelar rutin di malam hari.

Fadil berencana untuk menyediakan lokasi khusus yang bakal dijadikan arena balapan pada malam hari.

"Saya sudah dapat banyak masukan dari masyarakat, 'Pak Kapolda tolong ini balap liar malam hari dibina'," kata Fadil pada akhir November 2021 dikutip dari Megapolitan Kompas.com

"Jadi (pelaku) balap liar itu akan saya fasilitasi bukan dimusuhi. Bukan ditangkap, tetapi akan saya fasilitasi dia," ungkapnya, Rabu (8/12/2021).

Fadil berencana mencari trek khusus dan mengadakan ajang balapan resmi bagi para pelaku balap liar. Serta membina para pelaku balap liar agar tidak lagi meresahkan masyarakat.

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalam soft launching vaksinasi merdeka di SMK Satria, Srengseng, Jakarta Barat Rabu (28/7/2021).Dok. Istimewa Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dalam soft launching vaksinasi merdeka di SMK Satria, Srengseng, Jakarta Barat Rabu (28/7/2021).

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, wacana tersebut perlu diapresiasi sebab mencari solusi dan mengakomodasi jika memang berbakat dalam olahraga balap motor.

"Wacana Kapolda yang akan menfasilitasi balap liar, saya kira ide yang perlu kita apresiasi. Kapolda bisa bekerja sama dengan Gubernur (dinas olah raga ) dengan komunitas motor, IMI dan sebagainya," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Budiyanto mengatakan, semua pihak harus duduk bersama untuk merumuskan cara yang tepat sehingga pebalap liar dapat terakomodir dan diarahkan.

Baca juga: Lihat Interior Bus Baru Avante D1 PO Harapan Jaya, Punya Pintu Pintas

Puluhan remaja diamankan di halaman Mapolres Gresik usai ditengarai menggelar balapan liar, Sabtu (2/10/2021) malam.Dok. Polres Gresik Puluhan remaja diamankan di halaman Mapolres Gresik usai ditengarai menggelar balapan liar, Sabtu (2/10/2021) malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.