Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Tidak Tahu Fungsi Kotak Hitam di Atas CVT Honda BeAT

Kompas.com - 07/12/2021, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengendarai skuter matik (skutik) karena dinilai praktis. Namun, banyak juga pemilik motor yang tidak begitu mengenal setiap komponen pada skutiknya.

Salah satunya adalah kotak hitam yang terletak di atas girboks CVT skutik Honda BeAT. Posisi kotak hitam tersebut tepatnya berada di dekat suspensi belakang.

Baca juga: Honda All New BeAT Lowrider, Dijejali Mesin Turbo

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, kotak hitam tersebut mempunyai fungsi yang penting, yakni sebagai pelindung sensor kecepatan.

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.

“Fungsinya sebagai cover dari speed sensor yang ada di bagian belakang motor,” kata Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Fungsi dari sensor kecepatan adalah membaca seberapa besar laju atau kecepatan kendaraan tersebut. Fungsi lainnya adalah sebagai syarat kerjanya fitur Idling Stop System (ISS) pada skutik Honda.

Baca juga: Lebih Keren Mana Honda Beat Malaysia atau Indonesia?

“Peletakan speed sensor di belakang karena yang dibaca oleh sensor adalah gigi transmisi, dan letaknya ada di belakang CVT, dekat roda belakang. Untuk motor yang tidak ISS tetap ada speed sensornya,” kata Endro.

Selain Honda BeAT, kotak hitam ini juga terdapat pada skutik Honda lainnya yang menggunakan fitur yang sama, seperti Genio, Scoopy, Vario, dan PCX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com