Kompas.com - 03/12/2021, 08:02 WIB
Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1 INSTAGRAM/UNCLE_DAMENBus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi bus baru buatan Karoseri Tentrem yakni Avante D1 akhirnya muncul lagi dengan tampilan baru. Sebelumnya, bus model terbaru ini menggunakan livery khas PO Harapan Jaya, yaitu perpaduan warna putih, jingga, dan delapan ekor kuda.

Namun, bus kembali masuk ke Kaoseri Tentrem untuk diperbarui bagian eksteriornya dengan mengganti livery. Kini bus dengan dimensi tinggi sekitar 4 meter ini punya livery delapan ekor kuda yang memenuhi hampir seluruh bagian samping bus.

Bodi Avante D1 yang bertipe low drive ini memang bisa dibilang punya bagian samping luas. Salah satu alasannya, karena bodi bus yang tinggi, setara bus double decker, tapi bagian bawah hanya digunakan untuk bagasi.

Baca juga: Pilihan MPV Boxy Bekas Akhir 2021, Harga Mulai Rp 130 Jutaan

 

Jika menggunakan livery yang sebelumnya, bagian samping bus terasa sepi dan polos. Bagian lukisan delapan ekor kuda hanya ada di sisi samping belakang. Begitu juga tulisan PO Harapan Jaya yang berada di bagian atas pintu tengah.

Dengan bodi yang sekarang penuh dengan gambar delapan ekor kuda ini menambah unik tampilan bus PO Harapan Jaya. Apalagi latar dari livery yang berwarna kombinasi jingga yang memudar, bagai di padang pasir.

Kemudian Avante D1 ini juga menjadi bodi bus pertama yang menggunakan spion kamera dan sudah digunakan di jalan raya. Jika melihat ke akun Instagram PO Harapan Jaya, bus ini akan beroperasi di rute Surabaya – Bogor, tepatnya pada 5 Desember 2021.

Baca juga: Keunggulan Motor Listrik Tipe Hub dan Mid Drive

Bus ini juga menggunakan kamera 360 derajat layaknya mobil penumpang. Kamera 360 derajat ini terdiri dari empat kamera yang ditempatkan di semua sisi bus, dari depan, samping, dan belakang.

Tetapi saat ini, belum jelas gambaran kabin dari Avante D1 ini. Karoseri Tentrem juga belum secara resmi merilis bus barunya, jadi baru ada dua unit yang keluar dan keduanya milik PO Harapan Jaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.