Catat, Ini Syarat Perjalanan Keluar Kota Saat Libur Nataru

Kompas.com - 28/11/2021, 09:21 WIB
Penyekatan Mudik di Cikampek JASA MARGAPenyekatan Mudik di Cikampek
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), pembatasan mobilitas bakal diberlakukan lagi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepolisian berencana mewajibkan surat keluar masuk (SKM) bagi para pengendara yang akan keluar kota.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, mengatakan, surat ini bakal diperiksa oleh petugas di posko cek poin yang berada di sejumlah lokasi.

Baca juga: Bambang Soesatyo dan Sean Gelael Kecelakaan Saat Rally di Meikarta

Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Menurutnya, pengendara yang tidak bawa SKM diminta untuk swab antigen. Nantinya jika ditemukan ada masyarakat yang reaktif saat pengetesan tersebut, maka petugas akan menindaklanjutinya dengan tes PCR.

"Nanti SKM dikeluarkan oleh Ketua RT yakni surat keterangan bepergian,” ujar Dedi, dalam keterangan resmi (27/11/2021).

“Kemudian Polri juga di seluruh-seluruh pintu-pintu tol, dan jalur-jalur akses tertentu perbatasan antar wilayah itu ada pos sebagai cek poin. Nah, di situ nanti juga akan dicek di situ apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM," kata dia.

Baca juga: Lelang Avanza Veloz, Limit Cuma Rp 90 Juta

Petugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung. KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Petugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung.

Sebagai informasi, selama PPKM level 3 Polri akan mendirikan Posko atau Posko Cek Poin sepanjang Operasi Lilin 2021.

Posko-posko ini bakal berada di seluruh pintu keluar tol hingga perbatasan wilayah yang berlangsung dari 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Rencananya, akan ada 217.000 personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub hingga Satgas Covid-19 yang diterjunkan untuk mengawal pengamanan selama libur Nataru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.