Bambang Soesatyo dan Sean Gelael Kecelakaaan Saat Rally di Meikarta, Ini Spek Mobil Balapnya

Kompas.com - 27/11/2021, 17:31 WIB
Foto Citroen C3 R5 yang dikendarai Sean Gelael dan Bambang Soesatyo usai mengalami kecelakaan di balapan Kejurnas Sprint Rally 2021 Staf dokumentasi BamsoetFoto Citroen C3 R5 yang dikendarai Sean Gelael dan Bambang Soesatyo usai mengalami kecelakaan di balapan Kejurnas Sprint Rally 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Sean Gelael bersama navigatornya Bambang Soesatyo mengalami crash di lintasan balap saat mengikuti seri terakhir Kejurnas Sprint Rally yang berlangsung di Meikarta, Bekasi, 27-28 November 2021.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun redaksi Kompas.com dari Aswin Harahap yang merupakan manager dari Sean Gelael, Ia menuturkan baik Sean Gelael dan Bambang Soesatyo dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami cedera fatal usai kecelakaan.

Baca juga: Lorenzo Ungkap Awal Mula Marquez Benci Rossi

"Aman. Alhamdulillah. Pak Bamsoet dan Sean baik-baik saja," ujar Aswin kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Sabtu (27/11/2021).

Diketahui Sean dan Bamsoed menggunakan mobil denan spesifikasi reli dunia, Citroen C3 R5 yang didatangkan langsung dari Perancis oleh ayah Sean Gelael yang juga merupakan mantan pereli nasional, Ricardo Gelael.

Citroen C3 R5 yang akan digunakan Sean Gelael pada reli nasional di Medan, 23-24 November 2019kompas.com - AFH Citroen C3 R5 yang akan digunakan Sean Gelael pada reli nasional di Medan, 23-24 November 2019

Citroen C3 R5 merupakan mobil reli yang dibangun Citroen World Rally Team. Mobil ini didasarkan pada Citroen C3 dan dibuat khusus berdasarkan peraturan R5.

R5 merupakan kelas dalam sebuah reli atau kini dinamakan WRC2 dan WRC2 Pro, satu tingkat di bawah kejuaraan dunia reli (World Rally Champioship/WRC).

Baca juga: All New Gelis, Dijual Mulai Rp 30 Jutaan

Konsep reli R5 ini memungkinkan tiap pabrikan yang ikut serta diperbolehkan membuat mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan dikerjakan langsung oleh para engineer pabrikan tersebut. Artinya tim privateer bisa ambil bagian di dalam balap reli bergengsi tersebut.

Dengan spesifikasi yang dibangun khusus untuk rally, Citroen C3 R5 dibekali dengan mesin 1.600cc turbo, 4 silinder, 16-valve, dengan ECU Magneti Marelli.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 285HP pada 5.000 rpm dan torsi 420 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke penggerak roda melalui transmisi manual 5 percepatan sequintal.

Citroen C3 R5 dipilih Sean untuk ikut kompetisi balap reli nasional Kompas.com Citroen C3 R5 dipilih Sean untuk ikut kompetisi balap reli nasional

Pada bagian kaki-kaki, Citroen C3 R5 mengandalkan suspensi Reiger buatan Belanda yang memang dikenal spesialis untuk reli R5. Selain itu, di bagian pengereman diperkuat juga dengan big brake kit Alcon 370mm dan 300mm empat pot di depan dan belakang.

Baca juga: Faktor Penyebab Utama Kecelakaan di Ruas Jalan Tol Jasa Marga

Untuk sasis mobil ini sudah dihomologasi FIA dengan reinforced steel multipoint welded. Termasuk untuk urusan bodi yang memakai steel and composite fiber panels.

Pada eksterior ada penggantian fender dengan yang lebih lebar. Hal tersebut karena jarak antar roda lebih lebar mengingat mobil reli mengharuskan manuver-manuver tajam selama kompetisi. Sebaliknya, karena masuk ke dalam kelas yang tak ringan, maka tak akan ditemukan body kit tambahan di eksterior selain wing di buritan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.